logoStart Menu ? jika kamu mendengar kata-kata ini sudah pasti akan berfikir menuju ke Windows bukan. Windows, sistem operasi milik Microsoft itu telah melewati berbagai transformasi pada Start Menu nya. Hadir pertama kali di Windows 98 tahun 1995 dan sempat menghilang di era Windows 8 kemudian hadir kembali di Windows 10. So, berikut ini akan kita ulas sejarah Start Menu yang hadir di era perkembangan Windows.

  1. Dimulai dari Chicago
    windows-95-start-menu-chicago Tombol Start Menu Windows pertama kali hadir pada sistem operasi eksperimental dengan kode nama ‘chicago. Start Menu ini terlihat sangat sederhana dan sangat minim fitur.
  2. Windows 95
    windows-95-start-menu-95Windows 95 bisa dibilang sebagai era dimulainya perkembangan Start Menu Windows yang mengadopsi beberapa hal penting disetiap bagian Start Menu. Start Menu di Windows 95 memiliki tampilan yang sangat monoton dengan warna yang sudah familiar untuk pengguna Windows khususnya Windows Server era 2000an.
  3. Windows 98 – Windows 2000
    windows-95-start-menu-2000Setelah Windows 95 kini giliran Windows 98 yang merupakan era baru bagi Start Menu Windows. Bagaimana tidak, sebab dari Windows 98 ini beberapa fitur yang bisa kamu lihat di sistem operasi Windows Xp, 7, 8 dan 10 hadir di mulai dari Windows 98 dan 2000 ini. Taskbar, Multi User dan Log Off hadir di Windows 98 – 2000 yang kini sudah kamu lihat di Windows Xp, 7, 8 dan 10.
  4. Windows XP
    windows-95-start-menu-xpPerkembangan Start Menu Windows semakin berkembang pesat, setelah pengembangan yang dilakukan Microsoft dimuali dari Windows 95 sampai 2000, Microsoft merilis sistem operasi Windows XP yang dipercaya sebagai era sistem operasi modern Windows.
    Start Menu di Windows XP memiliki 2 bagian serta tampilan dan warna nya yang lebih fresh.
  5. Windows Vista
    windows-95-start-menu-vistaSetelah memperkenalkan Windows XP, Microsoft kembali memperkenalkan sistem operasi terbaru milik mereka Windows Vista. Nah disinilah era yang membuat Start Menu pada Windows sampai ke Windows 10. Start Menu pada Windows XP terlihat lurus memanjang berbeda dengan Start Menu pada Windows Vista yang terlihat bulat serta tulisan Start diganti dengan logo Windows bulat. Di Windows Vista ini juga untuk pertama kalinya fitur Search hadir, fungsi nya untuk mencari file, aplikasi, gambar dll di Windows.
  6. Windows 7
    windows-95-start-menu-7Tidak banyak yang berubah pada Start Menu di Windows 7 dibandingkan dengan di Windows Vista. Perubahan yang mencolok hanya pada warna yang sedikit transparant hadir di Start Menu Windows 7, sisa nya hanya peningkatan kinerja saat membuka aplikasi.
  7. Windows 8
    windows-95-start-menu-8Disinilah untuk pertama kalinya Microsoft menghilangkan Start Menu yang sudah hadir lebih dari 17 tahun di Windows. Pada tahun 2012, Microsoft memperkenalkan sistem operasi terbaru milik mereka yang disebut Windows 8 dengan tampilan yang sangat berbeda dari seri Windows pendahulunya. Disini juga lah untuk pertama kali Start Screen hadir, di Windows 8 Start Menu berubah menjadi Metro UI yang menampilkan tile aplikasi. Alasan Microsoft menghilangkan Start Menu pada Windows karena ingin membuat penggunanya dapat mengakses aplikasi lebih mudah. Namun kehadiran Metro UI ini banyak ditentang oleh pengguna yang tidak efektif untuk diterapkan di Komputer PC, sedangkan Metro UI ini lebih cocok untuk pengguna layar sentuh saja.
  8. Windows 8.1
    windows-95-start-menu-8 (1)Karena banyaknya pengguna yang merespon negatif hilangnya Start Menu pada Windows, Microsoft kembali menghadirkan Start Menu pada Windows 8.1. Namun Start Menu pada Windows 8.1 ini berbeda dari Windows terdahulu, di Windows 8.1 Start Menu hanya berfungsi untuk mencari aplikasi, Shut Down dan Log Off saja. Dan yang lebih parahnya lagi peletakan Start Menu ini tersembunyi dan banyak pengguna yang belum tahu merasa bingung.
  9. Windows 10
    windows10startmenuDengan banyak nya tanggapan negatif dari pengguna Windows yang memprotes untuk mengembalikan Start Menu akhirnya Microsoft kembali membawa Start Menu pada sistem operasi Windows 10. Windows 10 membawa banyak perubahan pada tampilan, sistem, fitur dan masih banyak lagi. Penggabungan Start Menu di Windows 7 dan Start Screen di Windows 8 dibawa oleh Microsoft pada sistem operasi Windows 10. Menariknya bukan hanya Start Menu saja yang baru, namun ada satu hal yang membuat pengguna Windows 7 dan 8 mulai beralih ke Windows 10, Cortana. Yaps asisten digital itu kini hadir di Windows 10 dan kamu bisa menemukan di samping Start Menu taksbar.

 

Nah itu lah awal mulai ditemukan dan perkembangan Start Menu yang ada pada Windows, mulai dari era Chicago, Windows 95, Windows 98 dan 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan terakhir Windows 10.