windows-10-anniversary-update-644x373

 

Sebagai bentuk ekspresi perayaan ulang tahun Upgrade Windows 10 ke-1, Microsoft akan melakukan pembaruan dan perubahan besar-besaran pada OS Windows 10-nya (baik PC maupun Mobile) yang akan diselenggarakan pada bulan Juli tahun ini. Microsoft menamai pembaruan ini dengan nama “Windows 10 Anniversary Update”.

Windows 10 Anniversary Update ini merupakan upgrade besar kedua sejak peluncuran OS Windows 10 pada 29 Juli 2015 lalu.

Build RTM adalah yang kedua dan selanjutnya ialah November Upgrade a.k.a build 1511, yang membawa codename “Threshold”. Sedangkan codename untuk build yang dijalankan saat ini adalah “Redstone” dan untuk rilis mendatang kemungkinan adalah build 1607.

Seperti yang kita semua ketahui dari event Build Keynote pekan ini, bahwa Windows 10 Anniversary Update akan memperkenalkan sejumlah fitur baru yang akan ditambahkan ke “aplikasi inti” Windows 10, termasuk Microsoft Edge, Cortana, dan Skype. Selain itu, juga akan meningkatkan integrasi aplikasi melalui Universal App Platform dan memperluas peran Windows Store.

Di sini kami menyoroti fitur yang paling menarik di Windows 10 Anniversary Update yang semuanya itu akan bisa kamu temui pada musim panas tahun ini. Cekidot !!! ?

 

1. Ekstensi di Microsoft Edge
Tentunya kamu sudah mengetahui bahwa Edge adalah browser eksklusif di Windows 10. Di satu sisi Edge ialah browser andalan, namun sayangnya di lain sisi Edge juga mempunyai kelemahan, yang mana kelemahan terbesarnya adalah miskinnya ekstensi. Tapi tenang!!! Kondisinya kini telah berubah mulai di build 14291 Windows 10 Insider, dengan diperkenalkannya beberapa ekstensi Edge yang diminta oleh banyak pengguna.

 

Edge-Extensions-Pane

 

Untuk sementara ini, 3 macam ekstensi udah bisa kamu download di Situs Windows Developer  dan masih banyak lagi yang sedang diuji oleh developer pihak ketiga. Sedangkan di Windows 10 Redstone, ekstensi akan tersedia melalui Bursa Windows dan kamu dapat melihat berbagai macam ekstensi resmi Edge yang telah didukung di sana.

 

2. Cortana Menjadi Semakin Pintar
Cortana, Asisten Virtual Microsoft, adalah salah satu fitur yang paling menarik dan atraktif di Windows 10 dan akan mendapat sejumlah pembaruan serius.

  • Dukungan Lebih Banyak Bahasa
     Cortana akan menguasai sejumlah tambahan bahasa baru di Windows 10 AU (Anniversary Update), di antaranya Español (México), Portugis (Brasil) dan Perancis (Kanada), hingga total 13 bahasa yang didukung. Keren ? kan ???

Setiap pengaturan bahasa masing-masing dilengkapi dengan kustomisasi regional:


 Di Brazil, Cortana menyukai makanan “pasteis” yang umum ditemukan di banyak daerah di seluruh Brasil. Dan di Meksiko, kami menambahkan rasa lokal untuk merefleksikan aksen dan bahasa negara tersebut.


 

  • Reminder Abadi
    Fungsi Reminder (Pengingat) pada Cortana akan lebih ditingkatkan dan lebih “halus”. Cortana akan mampu menyimpan Reminder tanpa tenggat waktu yang spesifik. Sebagai contoh, kamu bisa meminta Cortana untuk mengingat sebuah nama atau mengingatkan ke kamu tentang tugas kamu, dan dia tidak akan bersikeras menetapkan tenggat waktu untuk menyelesaikan reminder. Dan kamu selalu bisa menambahkan rincian lebih lanjut di kemudian hari, seperti lokasi atau waktu. Juga di Anniversary Update ini kamu bisa meminta Cortana untuk mengambil Reminder yang telah disimpan.

 

  • Reminder dan Notifikasi Antar-Perangkat
    Asisten virtual yang baik ini memiliki gambaran tentang semua yang terjadi di perangkat kamu. Mulai di Anniversary Update nanti, Cortana akan mampu untuk check-in dengan ponsel atau tablet kamu, memberitahukan kamu (dari perangkat lain) ketika di ponsel kamu ada panggilan tak terjawab, ada pesan masuk atau notifikasi yang belum dibaca, dan saat baterai ponsel hampir habis. Canggih kan???

Sementara Microsoft tidak menyoroti fitur ini secara khusus, namun tampaknya fitur-fitur tambahan yang telah disebutkan di atas akan disematkan pada Cortana di seluruh perangkat, yaitu untuk Cortana Android, iOS dan Windows 10 Mobile.

 

  • Cortana Intelligence Suite
    Kita akan melihat Cortana yang semakin terintegrasi ke dalam sistem operasi. Pada awal Maret lalu, sumber-sumber di Microsoft yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa pengembang “sedang bereksperimen dengan memiliki Cortana mengambang di sekitar Windows 10,” menawarkan layanannya di dalam dokumen dan aplikasi kapanpun diperlukan.

Selama berlangsungnya sesi Build Keynote, Microsoft menyoroti bagaimana Cortana akan bisa di-plug in ke Outlook dan Skype. Dan kami lega melihat bahwa hal itu tidak akan menjadi sesuatu seperti supercharged Clippy. Cortana jauh lebih halus dan berguna.

Tidak hanya Cortana menjadi terintegrasi ke dalam aplikasi lain, ia juga akan bekerja sama dengan bot, yaitu plugin dasardari penyedia layanan pihak ketiga yang dapat memperkaya fitur cerdas Cortana. Sebagai contoh, Cortana bisa meminta bantuan bot untuk melacak paket, kursi cadangan di sebuah restoran, memesan pizza, atau memesan kamar hotel.

 

Windows Ink
Sekitar 3 dari 4 orang di dunia menggunakan kertas selama satu jam atau lebih per hari. Oleh karena itulah Microsoft ingin Anda bekerja dengan perangkat sentuh yang seolah-olah itu kertas.

Untuk membuat penggunaan pena digital dengan mulus dan mudah layaknya pena dan kertas klasik, mereka telah bekerja pada fitur-fitur Windows Ink mereka, termasuk sketsa (mirip dengan papan gambar; digambarkan di bawah), yang akan tersedia dari layar kunci, penguasa digital membuat lebih tepat sketsa dan menggambar garis lurus, dan catatan digital.

Cortana akan secara otomatis memproses catatan Anda dan menyoroti apa yang ia tafsirkan sebagai panggilan untuk bertindak. Dalam contoh yang ditunjukkan di bawah ini, dia diakui dunia besok dan setelah mengklik itu, dia akan menyarankan sebuah pengingat.

Windows Ink (Tinta Windows) pertama-tama akan didukung oleh aplikasi Adobe, Microsoft Office, Maps, dan aplikasi lain di masa depan.

 

Perubahan Penting Lainnya

Perombakan penting lainnya adalah:

BASH Shell, sebuah “Command Line” di Linux, akan diintegrasikan ke Windows 10. Dan bukan hanya itu akan menjadi penuh pelaksanaan Linux / Ubuntu sub-sistem ke Windows, sebagaimana Matthew Hughes jelaskan dalam posting-nya yang mendalam.

 

UI (User Interface alias Antar-Muka Pengguna)

Tidak akan menakjubkan, tetapi mereka akan menambahkan beberapa konsistensi. Anda akan dapat melihat gambar yang sama pada layar kunci dan layar masuk. Animasi untuk mengubah hidup ubin di Start Menu akan lebih lancar dan ubin akan tersedia dalam ukuran tambahan.

 

File Explorer akhirnya akan menerima tab. Akhirnya !!!

Continuum akan mengaburkan garis antara perangkat Anda desktop dan mobile. Aplikasi akan berkeliaran, Cortana akan mengatur pengingat, pemberitahuan dan pembaruan status di perangkat, dan Anda akan dapat membuat panggilan telepon atau mengirim pesan teks SMS dari desktop Anda, menggunakan Cortana. Ini juga dibuktikan selama Build Keynote di acara Build 2016 hari peetama, 30 Maret kemarin.

Windows Update akan memungkinkan Anda mengatur jam aktif dan waktu restart, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan notifikasi permintaan instalasi update-an dan me-restart perangkat sementara Anda sibuk bekerja.

Peta akan membiarkan Anda “Lihat beberapa pencarian pada satu peta tampilan pada saat yang sama,” tulis Kushal Kapoor, manajer pemasaran produk untuk tim Windows Maps. Pemutakhiran lain termasuk label untuk hasil pencarian langsung pada peta, offline favorit, navigasi belokan demi belokan dengan menggunakan suara Cortana, bahkan untuk rute angkutan umum.

Salah satu fitur canggih lainnya yang mereka pamerkan pada sesi Build Keynote adalah fitur Ink (Tinta Windows) yang mulus beradaptasi dengan peta 3D, seperti Gunung St. Helens.

Windows 10 Maps tinta foto, aplikasi penampil foto universal, akan menerima pencarian cerdas, mirip dengan apa saja yang sudah tersedia di situs web OneDrive. Anda akan mampu untuk mencari foto-foto yang didasarkan pada wajah atau tempat dan mengajarkan cara mengelola foto dengan orang-orang tertentu atau diambil di tempat-tempat tertentu.

 

Kamu udah nggak sabaran ingin mendapat akses langsung dan merasakan fitur-fitur baru yang canggih tersebut? Mengapa tidak bergabung dengan program Windows Insider dan membantu Microsoft menguji build Windows 10 baru. Anda dapat memilih antara Slow Ring atau Fast Ring, tergantung pada bagaimana jiwa petualang Anda. Build baru a dirilis ke Slow Ring setelah performa cukup stabil dan memadai dirasakan oleh para Insiders di Fast Ring dikumpulkan untuk mengecualikan isu utama.

 

Windows Technical Preview

Jika model Slow Ring masih terdengar terlalu berisiko, Microsoft baru-baru ini telah memperkenalkan ring ketiga: rilis Preview-terbaik untuk orang-dalam yang menikmati mendapatkan akses dini untuk update untuk cabang saat ini, Microsoft aplikasi dan driver, dengan resiko minimal untuk perangkat mereka, masih ingin memberikan umpan balik ke Microsoft.

Untuk bergabung dengan Insider, lakukan sign up untuk program, lalu masuk ke pengaturan aplikasi melalui Start Menu atau bisa juga Windows keyboard + kepala I. Update & Security (Pembaruan & keamanan) > Opsi lanjutan dan klik mulai di bawah header build Insider. Jika opsi ini tidak tersedia, periksa apakah Anda masuk ke Windows dengan Microsoft account (pengaturan > akun > email dan akun Anda) dan apakah Anda diizinkan penuh atau ditingkatkan pengumpulan data diagnostik dan penggunaan (pengaturan > privasi > umpan balik & diagnostik).

 

Apa Yang berikutnya untuk Windows 10?

Beberapa fitur kami harapkan bisa hadir di Windows 10 Anniversary Update , seperti kembalinya smart folder untuk OneDrive, mungkin dirilis menjadi upgrade Redstone yang kedua (RS2), yang saat ini dijadwalkan untuk musim semi 2017. RS2 diyakini akan disinkronkan dengan rilis hardware Windows 10 baru dari Microsoft. Sampai sekarang, masih belum jelas apakah Microsoft akan fokus pada upgrade utama ketiga dari Windows 10.

Fitur Windows 10 mendatang apakah yang paling Anda nantikan? Apakah ada fitur yang belum kita sebutkan yang Anda pikir sangat penting? Silakan share pemikiran Anda di kolom komentar dan mari kita bahas!  *****

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of