Microsoft akhir-akhir ini tampaknya memperoleh banyak izin paten mengenai perangkat duo layar, yang seringkali dirumorkan dengan nama sandi “Andromeda”.

Kali ini, USPTO (U.S Patent and Trademark Office) memberikan izin paten kepada Microsoft mengenai sebuah perangkat lipat yang dapat menyajikan dan merekam 3D Audio dengan kualitas yang setara atau melebihi headphone. Teknologi audio ini dirancang untuk merekam 3D Audio dikonser dan situasi live-event lainnya.

Cikal Bakal Ide Ini

1 Cover foldable device Microsoft granted patent nov 2018 - Patently Apple report

Microsoft mengatakan bahwa inovasi ini adalah dimana “binaural recording” merupakan metode untuk merekam suara dengan dua mikrofon¬†dalam susunan musik berjeda dengan maksud untuk menciptakan sensasi suara stereo 3D untuk pendengar yang mendekati pengalaman sebenarnya seperti berada di ruangan dengan para pemain atau instrumen selama perekaman. Efek ini sering dibuat menggunakan teknik yang dikenal sebagai “Dummy Head Recording,” dimana kepala manekin dilengkapi dengan mikrofon di atau dekat setiap telinga dan ditempatkan di ruangan dengan para pemain atau instrumen selama perekaman.

Gadget biasa yang memiliki mikrofon tunggal atau mikrofon ganda untuk perekaman stereo tidak dapat memiliki sensasi suara 3D Stereo dari rekaman binaural karena lokasi relatif khas dari mikrofon dalam gadget biasa tersebut, kurangnya sistem pemrosesan yang mampu mengkondisikan merekam audio stereo ke dalam aliran audio binaural, dan keterbatasan layout gadget biasa tersebut.

Namun, perangkat lipat dengan kemampuan untuk membuat rekaman binaural dapat berguna untuk merekam rekaman orkestra langsung atau pertunjukan lainnya, serta rekaman suasana kota atau lingkungan alam, yang membuat kita seakan-akan menyatu dan menikmati suara-suara lingkungan tersebut, sungguh Wow sekali kan?