Microsoft Surface Go sudah resmi meluncur awal bulan lalu dengan beberapa konfigurasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Surface Go hadir dengan luas layar 10 inch yang sangat tepat jika perangkat ini masuk dalam kategori tablet. Diluncurkan untuk bersanding dengan iPad, apakah Surface Go mampu melawannya.

Seperti yang kita ketahui, iPad masih menjadi magnet dalam kategori lini tablet yang dalam beberapa tahun menjadi pilihan pembeli tablet. Surface Go yang hadir untuk membendung iPad datang dengan beberapa kekurangan sekaligus menjadi kelebihan bagi sebagian orang. So, mari kita lihat manakah dari kedua perangkat ini yang seharusnya kamu miliki, iPad atau Surface Go ?

Apple iPad

iPad hadir dengan 2 konfigurasi penyimpanan yang kedua nya sama-sama memiliki 2GB Ram serta menggunakan prosesor A10. Untuk 32GB penyimpanan internal serta hanya bisa menggunakan Wi-Fi dihargai $ 329. Sementara untuk 128GB penyimpanan internal dan sudah mendapat model seluler dihargai $459. iPad generasi terbaru sudah mendukung Apple Pencil, kamu harus merogoh kocek $99 untuk mendapat aksesoris ini.

Image via iMore

Karena kedua perangkat ini masuk dalam kategori tablet, maka kita hanya akan membahas apa yang dibutuhkan pengguna saat menggunakan tablet nya. Dalam hal ini iPad unggul dari Surface Go, karena semua yang ada pada iPad memang ditujukan untuk pengguna tablet. Antarmuka iOS pada mode tablet memang jauh lebih baik dari mode tablet yang terdapat di Windows 10, jujur mode tablet di Surface Go masih belum bisa dikatakan baik.

Jika kamu adalah orang yang sepenuhnya tidak membutuhkan keyboard untuk mengetik atau bahkan mouse, maka iPad wajib kamu miliki. Aplikasi dan Game yang ada pada apple store juga sudah sangat banyak dan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Surface Go

Microsoft Surface Go dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari perangkat iPad. Terdapat dua varian Surface Go yang bisa kalian pilih yakni, varian 4GB internal storage 64GB eMMC dibandrol $399. Serta varian 8GB internal Storage 128GB SSD dibandrol $549. Untuk internal storage 256GB belum bisa dikonfirmasi harganya, kemungkinan ini akan tersedia hanya untuk varian LTE yang akan tersedia akhir tahun ini.

Microsoft Surface Go
Microsoft Surface Go

Microsoft membenamkan prosesor Intel Pentium Gold 4415Y yang merupakan generasi ke-7 dari Intel. Luas layar Surface Go terbilang cukup mungil yakni 10 inch PixelSense 1800×1200. Dengan layar seluas itu sangat mudah untuk dioperasikan. Untuk sistem operasi nya sendiri hadir dengan Windows 10 S, dimana sistem operasi ini hanya akan menjalankan aplikasi-aplikasi dari Microsoft Store.

Baca : Intip Spesifikasi Lengkap Surface Go, Tablet Surface Paling Portabel & Terjangkau

Seperti yang sudah kita bahas diatas, kelemehan Surface Go jika ingin bersanding dengan iPad adalah mode tablet di Windows 10 yang masih belum sempurna. Namun jika kamu adalah orang yang ingin mencari sebuah Mobile PC untuk memenuhi aktifitas kamu, Surface Go adalah pilihan yang tepat.

Kesimpulan

Baik Apple maupun Microsoft, kedua perusahaan telah membuat perangkat yang hebat dengan kelebihan nya masing-masing. Surface Go tidak memiliki batas untuk melakukan pekerjaan atau bermain game serta dukungan Keyboard dan Mouse yang saya rasa sangat membantu. Sementara iPad meski dapat melakukan pekerjaan dan bermain game, tapi tablet ini lebih cocok untuk hal-hal sederhana.

Meskipun hadir dengan jutaan aplikasi dan game di apple store, namun itu semua masih belum bisa dimaksimalkan karena sejujurnya iPad menggunakan sistem operasi Mobile yang diluaskan. Sementara aplikasi dan game di Microsoft Store memang tidak sebanyak seperti yang ada pada apple store, namun mereka dapat bekerja dan digunakan tanpa batasan.

Apple iPad sangat cocok untuk kamu yang memang hanya membutuhkan perangkat untuk digunakan menjalankan aplikasi dan game, mengonsumsi konten video, mendengarkan musik, menjelajah web dan berinteraksi dengan media sosial, ini adalah pilihan terbaik. Namun jika kamu membutuhkan perangkat sekedar tablet, Surface Go wajib kamu miliki.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of