Kondisi dimana, perangkat seperti layaknya laptop atau smartphone yang selalu terhubung dengan arus listrik untuk melakukan pengisian daya baterai sehingga kondisinya selalu penuh daya baterai dapatlah menimbulkan masalah dan mengurangi umur baterai secara jangka panjang.

Itulah mengapa Microsoft kini memiliki sebuah solusi baru yang disebut sebagai “Battery Protection Mode”, yang merupakan sebuah mode dimana batas maksmal daya baterai telah ditentukan.

Microsoft battery protection mode patent

“Banyak perangkat saat ini menggunakan beberapa bentuk baterai untuk berbagai kebutuhan daya, seperti sumber daya utama, sumber daya cadangan, dan sebagainya. Daya tahan baterai menjadi perhatian utama, terutama dengan perangkat seluler seperti ponsel, perangkat komputasi portabel, perangkat yang dapat dikenakan, dan sebagainya. Perangkat dengan baterai yang secara konsisten terhubung ke daya arus bolak-balik (AC) cenderung mengalami masalah baterai karena tingkat pengisian 100% yang berkelanjutan. Ini khususnya berlaku pada baterai lithium-ion,”  begitulah deskripsi latar belakang paten teknologi Microsoft ini.

Inilah pernyataan Microsoft mengenai solusi permasalahan di atas yang terletak pada bagian kesimpulan dari dokumen paten tersebut:

“Teknik untuk mode perlindungan baterai [telah] dijelaskan. Menurut teknik yang dijelaskan di sini, perangkat elektronik dapat beroperasi dalam mode pengisian standar di mana baterai perangkat diizinkan untuk diisi ke kapasitas penuh. Namun, ketika peristiwa pemicu terjadi, perangkat elektronik beralih ke mode perlindungan baterai dimana daya maksimum yang diizinkan untuk baterai dikurangi dari mode pengisian standar. Dalam setidaknya satu implementasi, peristiwa pemicu mewakili timer yang berlalu untuk menunjukkan bahwa baterai telah berada di bawah daya pengisian eksternal untuk jangka waktu tertentu. Sebagai alternatif atau tambahan, peristiwa pemicu mewakili informasi keadaan baterai, seperti yang diterima dari pengukur pengisi daya yang memantau keadaan baterai.”

Image result for surface battery limit

Perlu dicatat bahwa Microsoft telah meluncurkan pembaruan bagi pengguna Surface yang menambahkan fitur Battery Limit untuk membuat baterai lithium-ion yang ada di Surface bertahan lebih lama. Paten ini bisa jadi merupakan untuk perlindungan teknologi tersebut atau untuk teknologi yang lebih baru dari Microsoft.

Sekarang, apa tanggapan kalian soal teknologi ini? 😉

 

 

 

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of