Iya. Beneran. Seriusan.

Dulu Microsoft bilang kalo PC dan Tablet harus punya RAM minimal 2GB agar bisa lancar menjalankan Anniversary Update.

Sekarang raksasa Redmond ini berubah pikiran. Mereka baru-baru ini memperbarui kembali daftar persyaratan minimum sistem untuk Windows 10 PC / Tablet agar dapat menjalankan Anniversary Update. Sekarang PC dan Tablet dengan minimal 1GB RAM pun bisa menjalankan Windows 10 Anniversary Update.

Tentunya kabar ini membuat kamu yang PC-nya cuma 1GB RAM bisa sedikit bernapas lega ‘kan?

Agaknya Microsoft waktu liburan kemarin mengkaji ulang persyaratan sistem minimum ini. Kriteria ini mungkin sekali dirasa teramat berat oleh sebagian besar pengguna. Karena diwajibkan RAM 2GB, bayangkan coba mereka-mereka yang PC-nya RAM-nya cuma 1GB. Kasihan ‘kan? Maksud hati ingin meng-update ke Anniversary Update, apalah daya RAM tak sampai. Gigit jari deh… ?

Persyaratan minimal 1GB RAM tadi berlaku untuk 32-bit. Artinya, ini kabar gembira buat kamu-kamu yang PC-nya cuma 1GB RAM. Kamu sekarang bisa meng-install Anniversary Update. Tapi, kamu wajib kudu harus install Windows 10 AU-nya yang 32-bit, jangan yang 64-Bit. Gitu.

Microsoft juga telah memperbarui daftar persyaratan minimum untuk ukuran layar. Sekarang semua perangkat yang ingin memperbarui ke Anniversary Update harus minimal layar 8 inci untuk berjalan di resolusi SVGA (800 x 600). Tadinya Microsoft mensyaratkan minimal layar harus 7-inci.

Namun untuk tablet dan smartphone, ukuran layar minimum untuk Windows 10 Mobile harus layar 7-inch.

Ada apa ini Microsoft merubah-rubah kriteria?

Perubahan persyaratan minimum ini tidak lain sebagai ancang-ancang untuk menuju update besar selanjutnya, yaitu Redstone 2 alias Creator Update.

Sebagai info tambahan buat kamu yang belum tahu. Ini dia persyaratan selengkapnya kalo kamu ingin update Windows 10 Mobile.

Daftar ponsel dan perangkat yang dapat meng-upgrade ke Windows 10:
Lumia Icon, 1520, 930, 640, 640XL, 730, 735, 830, 532, 535, 540, 635 1GB, 636 1GB, 638 1GB, 430, 435, BLU Win HD w510u, BLU Win HD LTE x150q, MCJ Madosma Q501

Persyaratan untuk upgrade

Untuk menginstal upgrade di perangkat yang didukung, pastikan ponsel kamu sudah bersistem Windows Phone 8.1 GDR1 QFE8 atau lebih baru.

Windows 10 adalah file besar – sekitar 1,4 GB (dalam beberapa kasus, ukuran download mungkin lebih besar lagi). Koneksi internet Wi-Fi diperlukan untuk men-download dan menginstal upgrade; biaya akses internet mungkin berlaku.

Dalam kebanyakan kasus, upgrade akan menggunakan beberapa ruang/memori penyimpanan perangkat (internal); kamu mungkin perlu menghapus file yang tidak perlu dari perangkat agar bisa menyelesaikan upgrade.

Catatan penting

Windows 10 Mobile diperbarui secara otomatis.

Pengguna Windows 10 Mobile akan menerima update otomatis selama periode dukungan ketika update tersebut tersedia.

Pengguna Windows 10 Mobile Enterprise akan memiliki kemampuan untuk menunda update.

Persyaratan tambahan akan berlaku dari waktu ke waktu untuk update, dan ketersediaan update dapat bervariasi menurut perangkat, operator, dan pasar.

Periode waktu yang ditetapkan oleh pengguna Windows 10 Mobile untuk menunda update terbatas.

Dukungan dapat bervariasi tergantung perangkat dan faktor lainnya.

Sebagian besar aplikasi, pembelian dalam aplikasi, file, dan pengaturan akan bermigrasi sebagai bagian dari upgrade. Namun, beberapa aplikasi, pembelian dalam aplikasi, atau pengaturan mungkin tidak bermigrasi.

Beberapa aplikasi dan konten dijual terpisah. Ketersediaan fitur, aplikasi dan pengalaman dapat bervariasi tergantung perangkat dan pasar.

Ketika kamu udah menginstal Windows 10 Upgrade, beberapa fitur asli akan diubah atau dihapus, termasuk yang berikut:

  • Aplikasi Radio FM tidak akan lagi tersedia pada Windows 10 Mobile ketika Windows 10 Anniversary Update diinstal.
  • Fitur Kids Corner tidak akan lagi tersedia pada Windows 10 Mobile ketika Windows 10 Anniversary Update diinstal. Pertimbangkan untuk menggunakan Pojok Aplikasi melalui Pengaturan > Akun > Pojok Aplikasi yang memiliki beberapa fungsi yang sama dengan Kids Corner, seperti kemampuan untuk memberikan orang akses ke aplikasi yang dipilih pada ponsel, serta Start Screen disesuaikan ketika mereka menggunakan ponsel kamu.
  • Notifikasi untuk panggilan tidak terjawab, pesan, dan email di Tile Kontak tidak didukung pada saat Windows 10 Mobile dirilis.
  • Me Tile dan Me Card tidak lagi didukung.
  • Tile Group tidak bisa lagi digunakan untuk menerima update status jejaring sosial.
  • Cortana tidak bisa lagi mencari aplikasi, pengaturan, email, pesan teks, kontak dan Kode QR pada perangkat dan aplikasi tidak bisa lagi terbuka melalui perintah suara.
  • “Hey Cortana” tidak tersedia lagi pada beberapa perangkat yang telah di-upgrade.
  • Indoor Maps tidak lagi tersedia untuk beberapa lokasi.
  • Pada saat Windows 10 Mobile baru dirilis, aplikasi Outlook Mail tidak bisa membuka lampiran EML.
  • Aplikasi Kalender Outlook tidak lagi mendukung Tugas.
  • Kemampuan MDM untuk mencegah dari menyimpan dan berbagi dokumen Office tidak lagi didukung.
  • Fitur enterprise tertentu, termasuk Data Protection Under Lock tidak lagi tersedia; hubungi perwakilan Microsoft Volume Licensing untuk informasi lebih lanjut.

Persyaratan tambahan untuk menggunakan fitur tertentu

  • Akun Microsoft diperlukan untuk beberapa fitur.
  • Cortana saat ini hanya tersedia pada Windows 10 di Amerika Serikat, Inggris, China, Perancis, Italia, Jerman, dan Spanyol.
  • Speech-to-text saat ini hanya tersedia pada Windows 10 di Amerika Serikat (English), United Kingdom (English), Cina (Cina Sederhana), Perancis (Perancis), Italia (Italia), Spanyol (Spanyol), Jerman (German ), Kanada (English), Australia (English), India (English), dan Jepang (Jepang).
  • Speech recognition, termasuk Cortana, akan bervariasi menurut perangkat.
  • Windows Hello hanya terbatas untuk ponsel premium terpilih pada saat peluncuran, dan membutuhkan hardware khusus, termasuk illuminated infrared camera sensor untuk pengenalan wajah atau finger print reader yang mendukung Window Biometric Framework. Untuk memeriksa kompatibilitas perangkat dan informasi penting lainnya, kunjungi website produsen perangkat bersangkutan.
  • Continuum for Phones terbatas hanya untuk ponsel premium terpilih. Fitur ini membutuhkan monitor eksternal dengan DisplayPort, HDMI connector, atau adapter yang kompatibel dan aksesoris Continuum for phones yang kompatibel, semua dijual terpisah. Ketersediaan dan pengalaman aplikasi bervariasi menurut perangkat dan pasar.
  • Music dan video streaming melalui Musik Groove (sebelumnya Xbox Music) atau aplikasi Film & TV tidak tersedia di semua wilayah. Bagi yang ingin cari info daftar daerah paling up-to-date, silakan pergi ke situs Xbox on Windows.
  • Aplikasi Xbox dan beberapa game dan fitur hanya tersedia di negara dan wilayah yang didukung Xbox Live. Kamu dapat melihat daftar di situs Xbox Live Countries and Regions.
  • Skype hanya tersedia di beberapa negara dan wilayah. Fitur panggilan hanya untuk negara dan wilayah terpilih saja. Tidak termasuk special, premium dan non-geographic. Untuk detail, kunjungi halaman FAQ Office.
  • Langganan Office 365 diperlukan untuk beberapa fitur Office.

Please Login to comment
avatar
6 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
7 Comment authors
Rabbil ARAndriy AndriyNasrudinad galiihYusuf Rudianto Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Rabbil AR
Guest
Rabbil AR

iya kayak laptop ane 32bit ram 1gb
kalo misal tadi nya ga dapet win10 mau ga mau upgrade ram atau beli laptop baru dah

Andriy Andriy
Guest
Andriy Andriy

Kapan ya persyaratan sistem buat games xbox (ex: Firza) yg recommended 3,5gh bisa di perkecil sampai 1,5ghz biar lepi ane yg berspesifikasi rendah bisa menikmati game2 xbox premium

ad galiih
Guest
ad galiih

Hohohoho
Harusnya yg dipangkas yg tidak banyak berfungsi sja.
Hihihihi..

Daniel Handika
Guest
Daniel Handika

Banyak amat fitur yang dihapus

Satria Pandu
Guest
Satria Pandu

Untuk RS 2 ntar,syarat minimum hardware khusus mobile???apa aja bang?ato berlaku di mobile yg udah jlanin w10m AU bang?

Yusuf Rudianto
Guest
Yusuf Rudianto

Kalau sesuai artikel diatas. Sejak W10M notifikasi email live tile tidak didukung lagi. Benar nggak?. Sebelum saya mereset hp saya notifikasi email masuk masih ada di tile outlook email, tapi setelah reset kok nggak ada?