Kapal selam nuklir UK (Kerajaan Inggris) masih menggunakan Windows XP

Sistem operasi komersil berbasis NT pertama buatan Microsoft ini telah digunakan di kapal selam nuklir Inggris. Negara ini mengoperasikan 4 unit kapal selam nuklir guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara.

Keempat unit Kapal selam Command System Next Generation ini masing-masing ialah HMS Vanguard, Jaya, Vigilant dan Vengeance. Angkatan Kapal Selam Nuklir Inggris ini disebut dengan Ships Submersible Ballistic Nuclear (SSBN).

Dengan bobot 16.000 ton, semua ini merupakan kapal-kapal selam terbesar yang dibangun di Inggris. Masing-masing kapal selam berukuran panjang 150 meter, dan diameter 13 meter dan membawa kru sekitar 150 orang. Keempat armada SSBN Ingris ini berbasis di HM Naval Base, Clyde di Faslane.

Kesemuanya itu merupakan kapal selam yang menggunakan sistem operasi berbasis NT yang diinstal sejak 2008.

Tapi ya sebenarnya sih selama bertahun-tahun tidak ada berita tentang persoalan apapun dengan Windows XP yang mereka gunakan. Tidak pernah ada masalah. Cuma masalahnya Windows XP tidak di-support lagi oleh Microsoft sejak April 2014 dan perusahaan juga tidak lagi menawarkan patch keamanan apapun.

Juga bukan tidak mungkin berpotensi bahaya jika kapal selam UK tersebut tetap melanjutkan menggunakan OS jadul ini tanpa upgrade ke OS yang didukung oleh Microsoft. Ini sama saja negara tersebut menempatkan keamanan nuklir dan negeri yang berisiko.

Sejak Windows XP membentuk bagian penting dari infrastruktur IT Inggris, pemerintah Inggris dipaksa untuk membayar £5,5 juta ke Microsoft untuk perpanjangan dukungan untuk Windows XP untuk satu tahun hingga 2015, karena 85% PC mereka masih menjalankan Windows XP.

Timbul keraguan terhadap keamanan PC ini yang saat ini menjalankan sistem operasi yang tidak didukung. Tentunya ada risiko serangan-serangan maya alias Cyber-Crime yang bisa dengan mudah masuk ke dalam pertahanan nuklir Inggris dan membahayakan keamanan negara.

Windows XP merupakan OS penerus Windows 2000 Professional dan Windows ME, dan merupakan versi OS Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi telah digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC.

Windows XP sebelumnya dikenal dengan kode nama “Whistler”, yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga menggarap proyek Windows generasi baru penerus Windows ME (Millennium Edition) yang dinamakan dengan kode nama “Windows Neptune” yang diproyeksikan sebagai “Windows NT versi rumahan”.

Karena Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua OS Windows tersebut (OS berbasis Windows NT dan OS berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk. OS itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.

Versi Windows berbasis arsitektur NT terkenal dengan stabilitas dan efisiensi yang lebih baik ketimbang versi Windows 9x. Windows XP menyajikan grafis UI yang didesain ulang secara signifikan, hingga perubahan tersebut dipromosikan oleh Microsoft sebagai tampilan yang lebih user-friendly dari versi Windows sebelumnya.

Berdasarkan data riset Net Applications, Windows XP masih mendominasi pangsa pasar sebanyak 49,8 persen pada Juli 2011. Ini untuk pertama kalinya sistem operasi tersebut tercatat di bawah pangsa pasar 50 persen. Hal tersebut sebagai efek makin melonjaknya popularitas Windows 7 yang sudah mencapai 29,7 persen.

Meski XP masih dominan, Microsoft sebenarnya risih karena teknologi yang digunakan padanya bisa dikatakan sudah uzur. Microsoft sebelumnya telah merilis edaran untuk para pengguna bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk beralih dari Windows XP ke Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1. Windows XP SP3 sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft sejak 8 April 2014.

Bagaimana menurut pandangan sobat WinCamp? Haruskah kapal selam Inggris meng-upgrade PC mereka ke sistem operasi terbaru (Windows 10)? Atau biarkan saja tetap menjalankan Windows XP yang berpotensi membahayakan keamanan negara? Yuk kita berdiskusi di komentar di bawah ini! ?

Please Login to comment
avatar
5 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
7 Comment authors
Reya PuluhulawaRabbil ARLendoDixaNawi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Lendo Lendo
Member
Lendo Lendo

Daftar insider segera….hahahhah,kapal selam jadi insider..

Dixa
Guest
Dixa

Ane lihat gak sengaja beberapa waktu lalu ada mesin ATM di kota ane pesan error nya punya Windows XP… ?

Hidup Windows XP, the Legend…

Nawi
Guest
Nawi

Mungkin inggris belum tau caranya upgrade ke win 10. Wkwkwkw #juskidding

Tp £5.5 juta buat perpanjangan setahun? Mending uangnya dibeliin krupuk buat lomba 17an sekampung

Whyu Wa
Guest
Whyu Wa

inggris punya nuklir tp yg diisukan timur tengah ug jd kambing hitam, semoga kena hack tu nuklir

Dirga Wahyu Adiaksa
Guest
Dirga Wahyu Adiaksa

Up up, biar segala aktivitas nya bisa di bantu pake cortana hihi ?