Tidak Hanya Windows, Ini 8 Produk "Hardware" Canggih Buatan MicrosoftJika kita mendengar Windows mungkin yang terbenak dalam pikiran kita pasti Microsoft, begitu pun sebaliknya jika kita berbicara mengenai Microsoft hal pertama yang akan kita ucap sudah pasti Windows atau Office. Padahal Microsoft tidak sesempit itu, meskipun hal yang kebanyakan orang tahu dari Micrososft ialah Windows dan Office saja.

Microsoft juga mempunyai produk lain selain Windows dan Office, dari sisi hardware perusahaan asal Redmond ini sudah memperkenalkan berbagai produk buatan nya ke kalangan enterprise maupun biasa. Untuk itu Wincamp akan mengulas 8 produk buatan Microsoft yang harus kamu ketahui.

Penasaran apa saja 8 produk buatan Microsoft itu ? yuk simak ulasan nya di bawah.

Surface Pro

Surface Pro 2017Laptop buatan Microsoft, Surface Pro sudah menjadi produk yang menjanjikan bagi kelangsungan bisnis hardware Microsoft. Surface Pro sendiri sudah memasuki generasi ke 5 dan yang terbaru ialah Surface Pro (2017) LTE. Ini adalah produk yang sangat modern, mengusung 2-in-1 yang memudahkan kita untuk berganti dari mode tablet ke laptop.

Hal ini sangat dibutuhkan untuk kamu yang mempunyai mobilitas tinggi. Surface Pro sendiri memiliki beberapa variasi spesifikasi, varian paling tinggi di sokong dengan prosesor Intel i7 dan 16GB RAM serta SSD 1TB. Untuk varian tertinggi ini di bandrol dengan harga $2,699.00 atau sekitar 37 jutaan (kurs Rp. 14.000.00).

Surface Book

Surface Book 2Produk kedua buatan Microsoft yang tidak kalah caggih adalah Surface Book, ini adalah sebuah ultrabook besutan Microsoft dengan peforma sangat tinggi. Surface Book sudah memasuki generasi kedua dan yang baru ini hadir adalah Surface Book 2. Microsoft menghadirkan ini bukan tanpa alasan, Surface Book dihadirkan untuk langsung menantang jagoan milik Apple MacBook Pro.

Dengan desain yang sangat cantik serta peforma yang sangat tinggi, tidak heran jika Surface Book banyak digunakan untuk kalangan enterprise. Dari sisi harga sendiri, Surface Book 2 di patok dengan harga sekitar 46 jutaan. Harga yang cukup pas jika melihat seperti apa Surface Book itu sendiri. Bahkan Surface Book bisa dikatan menang melawan Macbook Pro milik Apple, untuk lebih jelas kamu bisa melihat compare antara kedua nya disini.

Surface Laptop

Surface LaptopSelanjutnya masih dalam segmen laptop, ini dia Surface Laptop. Awalnya Microsoft berfikir Surface Book dan Surface Pro sudah cukup untuk mengisi segmen ultrabook serta 2-in-1, namun ternyata itu salah karena mereka belum memiliki produk yang sepenuhnya Laptop. Untuk itu Microsoft meluncurkan Surface Laptop, perangkat ini memang di khususkan untuk pelajar yang ingin memiliki perangkat Surface dengan harga yang lebih terjangkau.

Mengusung spesifikasi tinggi yang memang untuk mengoptimalkan penggunaan, Surface Laptop di sokong dengan prosesor Intel i7, RAM 16GB serta tempat penyimpanan dengan SSD 1TB, perangkat ini di bandrol dengan harga sekitar 37 jutaan untuk varian tertinggi. Sedangkan untuk varian terendah Surface Laptop dengan spesifikasi prosesor Intel i5, 8GB RAM serta tempat penyimpanan SSD 128GB di bandrol dengan harga 16 jutaan (kurs Rp. 14.000.00).

Surface Studio

Surface StudioMasih dalam keluarga Surface, kali ini Microsoft memperkenalkan produk PC All-in-One, ini dia Surface Studio. Surface Studio bukan sekedar PC All-in-One tradisional seperti PC rata-rata keluaran Microsoft. Ia hadir dengan dukungan full multi touch untuk bisa menikmati seluruh fitur Windows 10 seutuhnya.

Microsoft meluncurkan Surface Studio untuk melengkapi lini PC All-in-One yang beberapa tahun kebelakang tidak mengalami perkembangan. Yang unik dari perangkat ini adalah kamu bisa menekuk sesuai selera atau biasa disebut kickstand, cocok untuk kamu yang sering membuat sketsa.

Untuk spesifikasi Surface Studio di sokong dengan prosesor Intel i7, RAM 32GB serta ruang penyimpanan 2TB+128GB SSD dan di bandrol dengan harga kisaran 58 jutaan untuk varian tertinggi nya dan varian terendah di bandrol 42 jutaan.

Surface HUB

Surface HUBYang terakhir dari keluarga Surface, ini adalah Surface Hub. Microsoft meluncurkan Surface Hub untuk memenuhi kebutuhan kantor yang lebih komplit. Surface Hub bisa dikatan sebagai produk surface dengan dimensi layar yang sangat besar, ukuran nya melebihi Televisi yang ada saat ini. Surface Hub sangat cocok digunakan dalam ruang meeting, karena produk ini memiliki fitur memedai serta di sokong dengan Windows 10.

Untuk spesifikasi dari Surface Hub sendiri yakni luas layar 84 inci dengan dukungan 4K, 8GB RAM yang di dukung dengan prosesor Intel i7 serta ruang penyimpanan 128GB SSD. Untuk varian tertinggi Surface Hub di bandrol dengan kisaran harga 300 jutaan. Sedangkan untuk varian terendah di bandrol dengan harga 130 jutaan (kurs Rp. 14.000.00).

HoloLens

Microsoft HoloLensIni dia perangkat fiuturistik dari Microsoft, Microsoft HoloLens. Microsoft HoloLens adalah perangkat yang menggabungkan teknologi Augmented Reality & Virtual Reality sehingga menghasilkan Mixed Reality. Alex Kipman, orang di balik kesuskesan HoloLens bahkan pernah mengatakan perangkat ini akan mempermudah pengembangan dan penelitian dari berbagai kategori.

Microsoft Hololens dilengkapi dengan lensa high definition see through holographic yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan membentuk hologram dengan gerakan, berkomunikasi dengan aplikasi menggunakan suara. Microsoft HoloLens dapat memberi info lebih detail tentang apa yang sedang dilihat pengguna atau memahami perintah pengguna, baik perintah dengan perkatakan, atau melalui gerakan tubuh.

Microsoft HoloLens sendiri mempunyai dua varian, yakni varian Development dan Commercial. Untuk varian Development di bandrol dengan harga 42 jutaan dan 70 jutaan untuk varian Commercial.

Xbox One

Xbox OneTidak hanya pada dunia pendidikan dan enterprise, Microsoft juga meluncurkan produk yang di khususkan untuk gamer. Ini dia Xbox One, konsol game dari Microsoft yang sukses mengganggu dominasi Sony dengan Playstation nya. Xbox sendiri memiliki 2 varian, yakni Xbox One S dan Xbox One X, kedua masih pada segmen gamer namun memiliki spesifikasi yang berbeda.

Untuk Xbox One S Microsoft mendesain produk ini sebagai penerus dan penyempurnaan dari Xbox 360. Sementara Xbox One X adalah konsol game paling cepat yang ada saat ini, konsol ini berhasil mengungguli pesaing nya PS4 Pro dari segi grafis dan hardware. Xbox One X juga satu-satunya konsol game yang mendukung penuh grafis 4K serta 4K Game HDR.

Untuk harga sendiri, Xbox One S dibandrol dengan harga mulai dari 4 jutaan dan untuk Xbox One X dimulai dari 7 jutaan.

Microsoft Lumia

Microsoft Lumia 950microsoftProduk terakhir yang Microsoft kenalkan adalah Microsoft Lumia, ini adalah sebuah ponsel yang mengusung desain retro. Berbeda dari kebanyakan smartphone saat ini yang mengusung Android atau iOS pada sistem operasi nya, Microsoft Lumia justru menggunakan sistem operasi Windows 10.

Berawal dari keja sama dengan Nokia yang awal mula merilis ponsel Lumia hingga akhirnya Microsoft memutuskan untuk mengakuisisi nya. Seiring berjalan nya waktu, Microsoft menghapus label Lumia dari perangkat ponsel nya yang hanya menyisakan nama Microsoft saja. Sayang, produk ini tidak begitu sukses karna kalah bersaing dengan Android & iOS, bahkan pada akhir tahun 2017 kemarin Microsoft secara resmi memutuskan untuk menghentikan produk ponsel nya.

Demikian itulah ulasan mengenai produk hardware Microsoft yang mungkin saja kalian gunakan. Untuk beberapa ulasan yang tidak sesuai saya mohon maaf dan terima kasih sudah membaca artikel panjang ini, hhe