Microsoft baru-baru ini melakukan restrukturisasi bagi perusahaan mereka yang berdampak terhadap pengembangan Windows Mixed Reality dan pengalaman 3D Everywhere.

Pertama, yang Microsoft lakukan adalah menggabungkan divisi EDM (Every Day Magic) yang mengurus soal pengembangan layanan 3D atau AR/VR/MR seperti Paint 3D, Mixed Reality Viewer, dan Remix 3D dengan divisi Evoke Studios yang mengurus soal layanan Photos dan Videos yang akhir-akhir ini berfokus dalam membuat pengalaman baru dalam digital story telling seperti yang telah kita ketahui lewat fitur Story Remix. Gabungan ini akan menghasilkan grup baru yaitu Mixed Reality Studio, yang menjadi salah satu penyebab beberapa pegawai Windows & Devices Group “dirumahkan”.

Untuk Evoke Studios sebelumnya dibawahi oleh Corporate Vice President, Chris Pratley yang termasuk dalam Windows App Studios dibawah kepemimpinan VP Kudo Tsunoda, yang seperti terlihat dari layanan Story Remix, dimana mereka memanfaatkan pengalaman berbasis kecerdasan buatan, deep learning, dan Mixed Reality. Meskipun demikian, memang masih ada beberapa fitur dari Story Remix yang belum dapat digunakan oleh konsumen secara luas.

Selain itu, terlihat bahwa Don Box yang sebelumnya bekerja sebagai pengembang dalam silikon, grafis, dan media dalam Windows & Devices Group, kini telah menjadi tim pengembangan bagi Mixed Reality, yang sepertinya sekaligus juga akan berupaya untuk menggabungkan hardware dan software bagi perangkat HoloLens, Windows Mixed Reality, dan Windows Hello.

Selain membuat grup Mixed Reality Studio dibawah payung Windows & Devices Group, Microsoft juga merestrukturisasi tim NeXT (New Experiences and Technologies), yang mengurus seputar berbagai pengembangan AI dalam Research and AI Group dibawah kepemimpinan Harry Shum. Restrukturisasi ini dikabarkan akan membuat 5 grup dalam Research and AI ini lebih direkatkan daripada sebelumnya.

Selanjutnya, dilaporkan ada banyak orang dari grup NeXT yang dipindahkan ke grup Mixed Reality Studio dibawah payung Windows & Devices Group yang sepertinya akan menghasilkan lompatan baru dalam pengalaman Mixed Reality terutama dalam dunia lingkungan bisnis modern.

Microsoft diperkirakan akan mulai memperlihatkan beberapa kemajuan seperti meluncurkan layanan, pengalaman, atau hardware baru sebagai hasil dari upaya restrukturisasi ini, dalam peluncuran Windows 10 “Redstone 5” di akhir tahun mendatang.

Sekarang, bagaimanakah tanggapan kalian soal berita ini?

 

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of