Microsoft hari ini kembali melalukan akuisisi, yaitu dengan perusahaan XOXCO. XOXCO sendiri berasal dari Austin, Texas, Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 2008, dan menjadikan “Conversational AI” sebagai prioritasnya sejak tahun 2013 lalu.

Microsoft memberikan penekanan produk XOXCO yang telah menuai kesuksesan yaitu Howdy yang membantu penjadwalan adanya rapat atau pertemuan di layanan Slack dan juga dapat membuat bot untuk pekerjaan, pelayanan konsumen, dan marketing. Selain itu, XOXCO juga menyediakan Botkit yang merupakan layanan alat-alat yang dibutuhkan bagi pengguna GitHub yang kini sudah menjadi bagian dari Microsoft.

Microsoft tidak memberi penjelasan secara spesifik mengenai upaya integrasi XOXCO ke bagian-bagian yang ada di Microsoft. Namun, terlihat bahwa yang merilis pengumuman ini adalah Lili Cheng yang merupakan VP Conversational AI di Microsoft, yang kini menjadi bagian dari grup divisi Devices and Experiences, dimana dulunya merupakan bagian dari grup divisi AI + Research, yang menandakan bahwa hasil dari akuisisi ini nantinya akan menjadi real-product, tidak sebatas untuk riset belaka.

Disamping itu, dalam 6 bulan terakhir, Microsoft telah mengakuisisi berbagai perusahaan dalam pengembangan AI, yaitu:

  • Semantic Machines, pada bulan Mei
  • Bonsai, pada bulan Juli
  • Lobe, pada bulan September

Sementara itu, tujuan Microsoft dengan AI adalah:

“Tujuan kami adalah menjadikan AI dapat diakses dan berharga bagi setiap individu dan organisasi, memperkuat kecerdikan manusia dengan teknologi cerdas. Untuk melakukan hal ini, Microsoft menanamkan kecerdasan di semua produk dan layanannya untuk memperluas kemampuan individu dan organisasi dan membuatnya lebih produktif, menyediakan platform kuat dari layanan dan alat-alat AI yang membuat inovasi oleh pengembang dan mitra lebih cepat dan lebih mudah diakses, dan membantu mengubah bisnis dengan memungkinkan terobosan ke pendekatan saat ini dan skenario yang sepenuhnya baru yang memanfaatkan kekuatan teknologi cerdas.”

Sekarang, apakah tanggapan kalian mengenai akuisisi ini? 😉