Microsoft Font MakerMicrosoft Font Maker adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna Windows 10 dapat membuat font sendiri sesuai selera.

Aplikasi Microsoft Font Maker sendiri sudah dirilis sejak 3 Maret 2018, itu artinya aplikasi ini sudah cukup lama berada di Microsoft Store. Anehnya Microsoft sendiri tidak memberikan isyarat jika aplikasi ini ada.

Cara kerja Microsoft Font Maker sebenarnya cukup sederhana, kamu akan dipantu untuk menulis setiap kata yang akan digunakan pada sistem Windows nantinya. Setiap karakter dan simbol harus memiliki frasa yang jelas agar nantinya baik sistem maupun pengguna dapat mengenali nya.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu diharuskan menggunakan stylus atau pen untuk dapat menulis setiap karakter dan simbol. Selain itu versi Windows kamu juga harus Windows 10 Fall Creators Update atau lebih tinggi. Meskipun pada dasarnya kamu membutuhkan pen, namun kamu masih bisa menginstal aplikasi ini untuk sekedar tahu.

Jika kamu sudah menginstallnya, dan masih bingung cara menggunakannya, berikut tips cara menggunakan Microsoft Font Maker.

  1. Buka aplikasi Microsoft Font Maker, kamu akan melihat layar yang menampilkan kotak-kotak kecil, satu untuk setiap huruf, huruf besar dan huruf kecil, Ada juga kotak untuk angka dan tanda baca.
  2. Mulailah menulis di dalam kotak menggunakan pen atau stylus kamu dengan sangat hati – hati supaya font hasil tulisan kamu terlihat rapi dan jelas.
  3. Jika kamu merasa tulisan kamu sudah pas, kamu bisa melanjutkan nya dengan pilih next dan kamu akan melihat kotak dimana kamu bisa menulis 1 sampai 3 kata dan jangan lupa simpan, kemudian next.
  4. Sekarang kamu akan melihat versi font kamu, tetapi jika itu tidak beres, jangan khawatir. Ada bilah geser di bagian bawah jendela yang memungkinkan kamu mengubah aspek-aspek penting font seperti jumlah ruang antar karakter, jumlah ruang antara seluruh kata, dan ukuran font secara keseluruhan.
  5. Terakhir kamu sudah bisa menggunakan font hasil kreasi kamu sendiri, jika kamn mengalami kendala dalam menyesuaikan ukurannya, kamu dapat menggeser bila menu di paling bawah untuk menyesuaikan nya.
  6. Simpan font kamu dengan format TTF. jika kamu ingin mencoba font yang kamu buat sendiri, kamu bisa mencari file nya di File Explorer, kemudian tekan install.
  7. Sekarang kamu dapat mengaksesesnya dengan masuk ke Control Panel> Appearance and Personalization> Fonts.

Bagaimana, mudah bukan ? yuk tunjukkan kreasi font kamu menggunakan Microsoft Font Maker.

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of