Komputer dan gadget bukanlah barang mewah pada masa ini, melainkan sudah menjadi kebutuhan primer setiap individu diberbagai negara tak lain di negara kita ini, mulai dari anak – anak, orang dewasa, maupun orang tua, memanfaatkan sebuah teknologi masa kini tidak ada habisnya.

Bermain didepan komputer memang mengasyikkan sehingga kita bisa kehilangan banyak waktu untuk hal yang lain.

Tahukah kamu bahwa sinar yang dihasilkan oleh layar komputer maupun gadget kamu dapat berbahaya bagi kesehatan mata kamu.

Jika kamu pengguna Windows 10 baik di PC maupun smartphone, seharusnya kamu tidak perlu hawatir dengan kesehatan mata kamu. Ini Dikarenakan , Microsoft peduli dengan kesehatan mata kamu terlihat dari fitur terbaru yang dihadirkan di OS Windows 10 mereka yaitu Mode Malam Hari.

Apa Itu Mode Malam Hari ?

Layar komputer memancarkan cahaya biru (mirip dengan cahaya yang diterima mata kamu secara alami di siang hari), yang pada malam hari dapat mempengaruhi produksi melatonin secara negatif, sebagai akibatnya mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan ketidaknyamanan di mata.
Mode Malam Hari adalah fitur yang mengurangi jumlah cahaya biru di malam hari, dan ini akan menampilkan warna hangat yang dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan membantu kalian agar tertidur setelah begadang bekerja di komputer kamu.
Cara mengaktifkan Mode Malam Hari di Windows 10 ?
kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan Mode Malam Hari pada perangkat kamu :
  1. Buka Setting
  2. Klik System
  3. Klik Display
  4. ON kan pada Mode Malam Hari

Pada pengaturan Mode Malam Hari, Kamu bisa mengatur banyak pilihan.

Sebagai alternatif, kamu dapat dengan cepat mengaktifkan fitur ini menggunakan tombol Mode Malam Hari di Action Center (tombol Windows + A).

 

Mengatur Suhu Yang Tepat

Kamu juga dapat mengatur jumlah warna hangat yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Kami menyarankan agar kalian mengatur warna hangat sesuai dengan tingkat kenyamanan kalian.

 

Menerapkan Jadwal Mode Malam Hari

Saat mengaktifkan Mode Malam Hari, Windows 10 akan menggunakan jadwal default untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur secara otomatis di malam hari, namun kita selalu dapat menetapkan jadwal secara manual. Selain itu, ada pilihan yang memungkinkan Mode Malam Hari untuk mendeteksi lokasi kalian untuk mengetahui waktu matahari terbenam dan matahari terbit untuk mengelola fitur secara otomatis.

Sewaktu berada di halaman pengaturan, pilih opsi mengatur jam untuk menetapkan waktu secara manual agar fitur tersebut dinyalakan dan dimatikan.

Jika memilih opsi Sunset and sunrise, Windows 10 akan mengatur jadwal tergantung pada waktu matahari terbenam dan matahari terbit di lokasi saat ini. Bagian terbaik dari pilihan ini adalah waktu akan menyesuaikan diri setiap hari secara otomatis.

Demikian langkah – langkah yang bisa diikuti demi kenyamanan  menggunakan perangkat Windows 10.