Xbox One

Sudah ada beberapa pengamat yang memprediksikan bahwa Microsoft akan menuju perusahaan $1 Triliun. Namun, kebanyakan prediksi tersebut didasarkan pada pertumbuhan Azure dan Office 365, tidak mencakup soal bisnis gaming yang kini menjadi fokus baru Microsoft.

“Kami melihat Microsoft tengah mengembangkan ‘Netflix of Gaming,'” ujar pengamat dari Morgan Stanley, Keith Weiss. “Kami melihat gaming terus banyak tidak diperhatikan, tidak dimengerti, dan diremehkan oleh pengamat dan investor.”, lanjutnya.

Kemudian, ada juga pengamat dari Jefferies, yaitu Timothy O’Shea yang juga mengetahui bahwa Microsoft akan mengembangkan bisnis gaming baru yang akan tumbuh cepat.

“Google, Amazon, dan Microsoft semuanya bekerja pada platform video game streaming berbasis cloud yang dirancang untuk bersaing dengan PlayStation dan Xbox, dan ini dapat diluncurkan sebelum akhir dekade ini,” tulisnya. “Layanan ini akan memperluas target pasar setidaknya 4x dan akan tersedia di semua layar termasuk TV, laptop, tablet dan smartphone.”

Screen Shot 2018 06 08 at 11.13.12 AM

Keith Weiss dari Morgan Stanley juga terlihat senada soal bagaimana Microsoft akan memanfaatkan pergeseran industri gaming.

“Dengan ekosistem game yang berkembang dari konsol ke PC dan perangkat mobile, peralihan dari perangkat keras dan penjualan video game satu kali ke layanan berlangganan, dan masa depan yang meliputi streaming, broadcasting, dan mixed reality, kami melihat Microsoft berada di posisi yang baik untuk masa depan Gaming, ” tulisnya.

Screen Shot 2018 06 08 at 11.51.35 AM

Data dari hasil riset Newzoo menunjukkan bahwa mobile gaming memimpin seluruh pasar game. Untuk mobile, terlihat adanya peningkatan pendapatan sebesar 19,3% pada triwulan pertama tahun 2017, dengan konsol tumbuh sebesar 3,6% yang relatif lemah.

Weiss kemudian melanjutkan bahwa Microsoft sendiri sudah mulai menyediakan layanan gaming berbasis software, dan layanan berlangganan Xbox Live terlihat mengalami peningkatan jumlah pengguna aktif sebanyak hampir dua kali lebih besar selama 4 tahun terakhir. Kini pengguna aktif Xbox Live sudah berada di kisaran 60 juta pengguna.

Bagian terpintingnya adalah, Microsoft memiliki keunggulan unik dalam streaming game, dengan Microsoft Azure. “Azure adalah pembeda utama bagi Microsoft dalam teknologi yang diperlukan untuk mencapai [kemampuan] streaming,” kata Weiss, yang menambahkan bahwa “memungkinkan bagi pengembang untuk [memperluas] skala dan menyesuaikan infrastruktur game pada cloud yang andal.”

Tidak hanya Azure dapat meningkatkan pendapatan game, tetapi masih ada lapisan lain dalam bisnis gaming untuk Microsoft. Ada juga, Xbox GamePass (dan Play Anywhere), sebuah layanan yang membuat pengguna dapa mengunduh ke komputer dan bermain menggunakan konsol, dapat segera sepenuhnya digital.

Pergeseran menuju Xbox GamePass sepenuhnya ke digital bisa sangat memperluas seluruh pasar game. Langkah ini “akan memperbesar pasar game karena pengguna tidak perlu membeli konsol ~ $ 400 sebagai kebutuhan dasar untuk bermain game,” tulis Weiss.

Meskipun demikian, Microsoft diketahui tengah mengembangkan penerus Xbox One yang berkodenama “Scarlett”, yang memang akan dibuat untuk memanfaatkan layanan streaming Xbox yang akan diluncurkan, dan bisa jadi akan diposisikan seperti Surface, bila Surface menunjukkan keunggulan fitur baru Windows dan Office, untuk Xbox baru ini diposisikan untuk menunjukkan keunggulan layanan game streaming baru dari Microsoft.

Game bisa menjadi apa yang membuat Microsoft melampaui garis akhir dalam usahanya menjadi perusahaan senilai $ 1 triliun. Weiss mengatakan perkiraan marjinnya terlihat “semakin konservatif mengingat sikap kami bahwa campuran pendapatan Software and Game Services akan meningkat menjadi> 80% di tahun-tahun berikutnya dari periode perkiraan kami.”

Proyeksinya terhadap margin kotor 45% pada unit game pada 2021 adalah bagian kunci untuk “mendukung jalur menuju pendapatan $ 50 miliar sebelum pajak dan bunga dan $ 1 triliun kapitalisasi pasar untuk Microsoft.”

Tambahan: Jangan lewatkan acara Xbox E3 Briefing yang akan dimulai pada hari Senin, 11 Juni mendatang sekitar pukul 3.00 WIB. Dapat dilihat melalui mixer.com atau akun resmi Xbox di YouTube, Facebook, Twitter, Twitch, dan juga dapat dilihat di Fuse TV.

Sekarang, apakah tanggapan kalian soal potensi Microsoft ini? 😉