Apakah kalian sering menggunakan Interop Tools di Windows 10 Mobile? Video diatas adalah salah satu cara untuk menerobos Factory Reset Protection lewat InteropTools yang didemonstrasikan melalui Lumia 950 XL Dual Sim.

Bagi yang belum tahu, Factory Reset Protection harus diaktifkan pada perangkat selama waktu pembuatan. Dan inilah beberapa keunggulan keamanan Windows 10 Mobile dibanding mobile OS lainnya:

  • Reset and Reactivation Protection- Perangkat yang dicuri tidak dapat digunakan kembali dengan menyetel ulang atau men-flashing perangkat. Saat pengguna melakukan reset pabrik pada perangkat, mereka akan diminta untuk memasukkan kredensial Microsoft Account yang dikaitkan dengan perangkat itu. Selain itu, jika perangkat digunakan dengan image baru dan Reset Protection dihidupkan, kredensial Microsoft Account yang terkait dengan perangkat tersebut diperlukan untuk menyelesaikan OOBE dan menggunakan perangkat.
  • Anti Rollback Protection – Jika Reset Protection diaktifkan, perangkat yang dicuri tidak dapat dibawa ke versi sistem operasi versi sebelumnya yang tidak mendukung Reset Protection.

Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile menggunakan FRP secara online melalui Microsoft Account (MSA). Untuk menonaktifkan FRP, Anda harus menyediakan kata sandi Akun Microsoft yang benar. Prosedur untuk menonaktifkan FRP berbeda antara Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile.

Windows Phone 8.1: untuk menonaktifkan FRP, buka kunci perangkat dan menuju ke About – Reset your phone. Sebelum melakukan reset pabrik, ponsel Anda akan meminta kata sandi MSA terkait. Perhatikan bahwa ini hanya bekerja pada perangkat yang mendukung Reset Protection (perangkat AS yang menjalankan Windows Phone 8.1 Update 2 build 8.10.15127.138 atau yang lebih baru).
Windows 10 Mobile: Anda dapat menonaktifkan FRP tanpa melakukan reset pabrik dengan membuka kunci perangkat Anda. Kemudian, ke Find my phone dan geser Reset Protection. Disini, Anda masih memerlukan kata sandi MSA Anda.

Jika Anda tidak lagi memiliki ponsel namun ingin menonaktifkan FRP (misalnya Anda menjual perangkat). Kini, Anda dapat melakukannya dengan menuju MSA Devices dan masuk dengan MSA Anda. Anda akan melihat daftar perangkat. Dari sana, ikuti petunjuk Microsoft. (Menurut Microsoft – Protect Windows Phone)

Nah, adakah yang ingin menerapkan tips ini?