Microsoft-LinkedIn

Beberapa hari yang lalu, Microsoft menggetarkan media bahwa mereka akan membeli LinkedIn sekitar 349 triliun secara tunai. Sebuah langkah yang tidak pernah ada yang prediksi sebelumnya karena kebanyakan dari mereka mengira Microsoft akan membeli Slack, begitu juga ketika sebelum Microsoft membeli Skype dan Nokia D&S banyak rumor yang beredar. Beberapa orang pun masih bingung mengapa Microsoft membeli LinkedIn dengan dana sebesar itu?

Nah kenapa Microsoft memutuskan untuk membeli LinkedIn? Inilah alasannya:

  • Menggabungkan dua kekuatan masing-masing

msftlinkedingraphs

Coba kalian lihat, diatas ada dua jaring-jaring baik Microsoft dan LinkedIn. Microsoft fokus ke layanan produktivitas sementara LinkedIn fokus pada pekerjaan dan prospek mereka. Tentunya jika keduanya digabung akan klop dimana mereka yang mencari pekerjaan dan melihat prospek mereka kedepannya juga akan terintegrasi dengan layanan produktivitas terbaik Microsoft.

Melihat tweet dari seorang pengamat tersebut memperlihatkan bahwa Microsoft berencana untuk membuat masa depan dunia produktivitas yang berfokus pada social graph di internet dan hal itu juga merupakan fokus baru Microsoft didunia produktivitas seperti Skype for Business, Microsoft Send, Outlook Groups, GroupMe dan kini dengan LinkedIn membuat portfolio layanan produktivitas Microsoft lebih komplit.

linkedin-professional-profile

Windows 10 sendiri juga sudah digunakan pada lebih dari 300 juta pengguna diseluruh dunia dan tentunya merupakan target untuk menjadikan mereka lebih produktif dan profesional. Mengingat dimasa kini data terkesan terpisah, tidak lengkap, dan juga kurang update.

Di masa depan hal ini tidak akan terjadi lagi,  dengan profil profesional yang memiliki data lengkap dan dapat ditampilkan yang tepat di waktu yang tepat di Windows, Office 365, Skype, Outlook dan lainnya.

Bisa jadi integrasi mendalam LinkedIn akan hadir di update besar Windows 10 berikutnya di 2017 yaitu “Redstone 2” dan “Redstone 3” sebagai upaya realisasi dari rencana besar Microsoft ini.

  • Cortana, Bots, dan Kecerdasan Buatan

blog-1.png

Slide mengenai pembelian LinkedIn oleh Microsoft juga menjelaskan mengenai integrasi Cortana kedepannya seperti melihat profil, mengadakan meeting bersama, dan bila melihat video Productivity Future Vision, Cortana juga bakal bisa memprediksi kinerja perusahaan, merekomendasikan yang terbaik jadi benar-benar seperti asisten pribadi anda. Dan hal ini juga sesuai dengan jaring yang kita tunjukkan sebelumnya yaitu prospek kedepannya.

Di Acara Build 2015, Microsoft juga meluncurkan berbagai pasukan Bot berbasis AI seperti Skype Bot yang menandakan bahwa masa depan Microsoft juga terletak di AI. Bahkan CEO Satya Nadella mengatakan AI/Bot akan menjadi masa depan aplikasi.

  • Integrasi Microsoft Cloud

microsoft_empower_business_web4

Cloud kini juga merupakan masa depan Microsoft disamping Windows. Mengingat LinkedIn tidak berbasis Azure, kini Microsoft bisa mengintegrasikannya sekaligus bisa jadi akan menambahkan paket Office 365 untuk pengguna premium LinkedIn. Berkat pembelian ini Microsoft Dynamics CRM juga dapat membuat prospek yang lebih baik begitu juga soal informasi konsumen. Dan secara keseluruhan membuat kemampuan kecerdasan manajemen Dynamics dan Office 365.

 

  • Social Learning dan Lynda.com

Vitale Digital Media Lab in the Weigle Information Commons, Van Pelt Library.

Lynda.com yang juga menjadi bagian LinkedIn dapat menjadi potensial bagi Microsoft karena bermanfaat bagi apa yang Microsoft lakukan di keseluruhan lini produknya. Terutama video-video Lynda.com dapat meningkatkan produktivitas dan juga kemampuan berbisnis yang sesuai dengan visi dan misi Microsoft.

  • Bing dan Ads

Microsofts-Acquisition-of-LinkedIn

Di Slide-nya Microsoft juga mengatakan bahwa Bing akan menjadi mesin pencari profesional terbaik berkat dibelinya LinkedIn. Bisa jadi kedepannya Bing akan menjadi mesin pencari di situs LinkedIn dan menyerap berbagai data darinya, yang juga akan mencerdaskan Cortana. Tentunya hal ini juga berdampak positif terhadap Bing Ads.

Microsoft + LinkedIn – Memberdayakan Kita Semua

mumbai-london-media-FINAL-1-768x630

Sekarang waktunya memberikan pandangan anda soal pembelian LinkedIn ini dikomentar 😀

Please Login to comment
avatar
4 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
5 Comment authors
Nasrudindirga wahyu adiaksaAndri DesmanaAchmad Aji PangestuRabbil AR Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
dirga wahyu adiaksa
Guest
dirga wahyu adiaksa

Manfaat nya untuk kita user biasa apa ya, terlebih yang pake wm10 ?

Andri Desmana
Guest
Andri Desmana

Microsoft satu2 nya perusahaan yang rajin akuisisi ?

Achmad Aji Pangestu
Guest
Achmad Aji Pangestu

Target utamanya pebisnis, … Semoga beruntung di dunia bisnis microsoft

Rabbil AR
Guest
Rabbil AR

memang cocok banget dahg LinkedIn di sandingkan dengan Microsoft
kayak nya menurut pandangan ane kedepan nya Microsoft bakal mendominasi bidang Enterprise, dan pelan2 bakal mendominasi juga bidang consumer