paul allenDalam sebuah catatan yang diterbitkan Bill Gates disebuah website pribadinya, ia menceritakan sosok seorang sahabat yang berjasa besar dalam penciptaan Microsoft. Paul Allen menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 15 oktober 2018 di usia ke 65 tahun karena penyakit yang sudah lama dideritanya.

“Paul Allen adalah teman, sahabat sekaligus rekan bisnis tertua saya yang pernah saya miliki”. Seperti yang kita ketahui Bill Gates & Paul Alles mendirikan Microsoft pada tahun 1975 dan turut mengubah jalannya teknologi hingga kini yang sudah kita semua lihat. “Saya bertemu dengan Paul ketika saya berada di kelas 7 dan itu mengubah hidup saya,” lanjut Bill Gates.

Baca : Paul Allen, Salah Satu Pendiri Microsoft Meninggal Dunia

Paul dua tahun diatas saya, dia sangat tinggi dan jenius dalam bidang komputer, selain itu dia juga memiliki jenggot yang sangat susah saya tarik. Kami mulai berkumpul bersama, menghabiskan waktu didepan komputer pada saat komputer pertama tiba disekolah kami. Kami menghabiskan waktu luang kami dan bermain-main dengan komputer mencari apa yang akan kami dapatkan.

paul allen dan bill gatesPaul meramalkan bahwa komputer akan mengubah dunia. Bahkan di sekolah menengah, sebelum kita tahu apa itu komputer (PC), dia memprediksi bahwa chip komputer akan menjadi sangat kuat dan akhirnya akan menimbulkan industri baru.

Baca : Rusaknya Persahabatan 2 Pendiri Microsoft

Sebenarnya, Microsoft tidak akan pernah terjadi tanpa Paul. Pada bulan Desember 1974, dia dan saya sama-sama tinggal di daerah Boston, dia bekerja dan saya akan kuliah. Suatu hari dia datang dan menyeret sayau untuk bergegas pergi ke kios koran terdekat dengannya. Ketika kami tiba, dia menunjukkan kepada saya sampul edisi Januari Elektronik Populer.

Koran ini menampilkan komputer baru yang disebut Altair 8800, yang berjalan pada chip baru yang kuat. Paul menatap saya dan berkata: “Ini terjadi tanpa kita!” Saat itu menandai akhir dari karir kuliah saya dan awal dari perusahaan baru kami, Microsoft. Itu terjadi karena Paulus, Tulis Bill Gates.

Memiliki pikiran yang luas dan bakat khusus untuk menjelaskan subjek yang rumit dengan cara yang sederhana. Saya cukup beruntung dapat mengenalnya sejak usia muda, saya melihat bahwa sebelum seluruh dunia melakukannya. Gates ternayata sangat beruntung bisa mengenal Paul sejak usia muda, itu semua membuat perubahan besar dalam hidupnya.

Baca : Kisah Bill Gates Yang Sempat Ingin Menjadi Guru Matematika

Dalam kalimat akhir ditulisan nya gates mengungkapkan, “Paulus layak mendapat lebih banyak waktu dalam hidup. Dia akan memanfaatkan itu. Aku akan sangat merindukannya.”