image via genesis-mining.com

Pertama kali hadir pada tahun 2009, Bitcoin sebuah mata uang digital yang kini semakin populer di dengar. Bitcoin meracuni para pegiat online untuk mencari kesempatan dalam memperoleh uang. Namun dibalik kesuksesan Bitcoin yang terus menanjak harga jualnya, tersimpan misteri besar didalam nya. Wincamp Story ingin sedikit mengulas mengenai siapa sosok pendiri dari Bitcoin ?

Belakangan ini banyak media yang mempertanyakan siapa sosok dibalik pencetus Bitcoin, mata uang digital sekaligus menjadi implementasi pertama dari Cryptocurrency. Setiap tahun sejak diterbitkan pertama kali pada 2009, pamor Bitcoin kian menanjak, tidak heran jika nilai jualnya mencapai Rp. 272.000.000 untuk 1 Bitcoin (Desember 2017). Sejak saat itu banyak orang berlomba-lomba untuk menambang Bitcoin.

Ke populeran Bitcoin ternyata menimbulkan pertanyaan yang menghampiri sejumlah pengguna, siapa lagi kalau bukan orang di balik pencipta Bitcoin itu sendiri. Sungguh hal yang sangat luar biasa orang/kelompok yang sudah menciptakan Bitcoin, siapa orang  yang sudah menciptakan Bitcoin, bagaimana dia berfikir akan menciptakan Bitcoin, mungkin itulah beberapa pertanyaan yang muncul.

Wincamp Story : Mengenal Lee Hae Jin Sang Pendiri Aplikasi LINE

Muncul satu nama yang banyak orang perbincangkan dalam misteri ini, dia adalah Satoshi Nakamoto. Nakamoto menjadi kandidat utama orang yang dicurigai sebagai pencetus Bitcoin. Beberapa hal yang menjadikan Satoshi Nakamoto sebagai pendiri Bitcoin adalah karena dia satu-satu nya orang yang paling aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan di forum Bitcoin.

image via bitcoin.com

Selain hal itu, ada beberapa bukti pembicaraan yang Satoshi Nakamoto lakukan ke beberapa orang melalui sebuah email. Nakamoto juga menjadi orang pertama yang menolak untuk menerima sumbangan dari beberapa donatur yang rencana nya akan dilakukan oleh Wikileaks. Wikileaks adalah sebuah website yang mengayomi berita seputar anonymous serta penyalur donatur.

“Proyek ini butuh tumbuh secara perlahan agar Software bisa diperkuat sambil jalan. Saya mengajukan pada Wikileaks, tolong jangan gunakan Bitcoin. Bitcoin adalah komunitas beta yang masih balita. Anda tak akan mendapatkan (donasi melalui bitcoin) lebih dari recehan saja, tapi dampak yang Anda bawa bisa menghancurkan kami,” ungkap Nakamoto, 5 desember 2010.

Dari beberapa sumber yang Wincamp dapat, Satoshi Nakamoto bukanlah nama asli dari seorang yang menciptakan Bitcoin. Satoshi Nakamoto hanya digunakan sebagai nama samaran yang digunakan untuk menggerakan Bitcoin. Beredar kabar bahwa Bitcoin tidak didirikan oleh satu orang saja, melainkan sekelompok orang yang tergabung dalam komunitas pencinta kriptografer. Kriptografer adalah sekelompok orang yang melakukan penelitian mengenai penyandian (kriptografi).

Wincamp Story : 5 Momen Penuh Kenangan Steve Ballmer di Microsoft

Nama-nama perusahaan besar disebut-sebut menjadi kelompok yang sudah menciptakan Bitcoin. Nama Satoshi Nakamoto adalah singkatan nama dari perusahaan besar, seperti SAMSUNG TOSHIBA NAKAMICHI dan MOTOROLA. Uniknya Ke-3 perusahaan tersebut berasal dari satu wilayah yang sama, yakni ASIA dan hanya Motorola saja yang merupakan perusahaan dari Amerika.

Satoshi Nakamoto dipercaya tidak pernah melakukan komunikasi secara face to face atau melalui telepon, melainkan melalui sebuah email. Itulah sebabnya hingga sekarang tidak ada yang tahu siapa orang dibalik pemilik nama Satoshi Nakamoto. So, cepat atau lambat kita akan segera tahu siapa pencipta mata uang digital yang disebut Bitcoin (BTC) ini.

Apa tanggapan mu mengenai ini, berikan komentarmu dibawah . . .