Brian Acton Founder WhatsApp

Guys siapa sih yang tidak tahu dengan aplikasi WhatsApp, aplikasi pesan instan yang kini sukses menggeser BBM Messenger dari pilihan pengguna smartphone. WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan populer yang menawarkan kemudahan bagi pengguna nya. Selain itu aplikasi ini juga terkenal sangat ringan dan hampir kompatible dengan semua os ponsel.

Di balik sukses nya WhatsApp yang saat ini mungkin sedang kamu gunakan, tau gak sih siapa sosok di balik pendiri WhatsApp ini. Brian Acton dan Jan Koum adalah dua orang dibalik aplikasi pesan instan WhatsApp.  Wincamp Story akan mengulas sedikit sosok pendiri WhatsApp untuk kalian ketahui.

Wincamp Story : Mengenal Lee Hae Jin Sang Pendiri Aplikasi LINE

Brian Acton adalah pria berkebangsaan Amerika Serikat lahir pada 17 febuari 1972 di Michigan, AS. Brian adalah lulusan dari University Of Central Florida dan University of Pennsylvania. Setelah itu ia melanjutkan study nya di Standford University dan mengambil jurusan Ilmu Komputer. Pada tahun 1992, Brian bekerja di beberapa perusahaan besar seperti, Rockwell International sebagai administrator sistem, serta Adobe dan Apple.

Brian Acton (kiri) dan Jan Koum (kanan)

Karena merasa dirinya mempunyai bakat dalam pengembangan sistem, Brian memutuskan untuk hengkang dan memulai pengalaman baru dengan hijrah ke Yahoo pada tahun 1996 dan menjadi karyawan ke 44. Pada tahun 2000 Brian mulai belajar mengenai bisnis investasi namun gagal, akibatnya ia harus kehilangan uang jutaan dollar. Setelah 2 tahun bekerja di Yahoo ia bertemu dengan Jan Koum.

Wincamp Story : 5 Momen Penuh Kenangan Steve Ballmer di Microsoft

Brian dan Jan memiliki pandangan yang sama terkait masa depan teknologi, tepatnya tahun 2007 ia dan rekan nya (Jan Koum) memutuskan untuk hengkang dari Yahoo!. Dari Yahoo! dua sejoli ini mencoba peruntungan di perusahaan besar Facebook, namun sayang kedua nya di tolak. Barulah pada tahun 2009 Brian memutuskan untuk mengunjungi salah satu teman nya Alex Fishman untuk membicarakan rencana nya akan mendirikan aplikasi.

Berdirilah WhatsApp yang di cetus oleh Brian dan Jan Koum sebagai aplikasi Chatting yang saat ini kita gunakan. 5 tahun berdiri WhatsApp menuai hasil dengan bertambah nya pengguna di aplikasi nya. Tepatnya pada tahun 2014 Facebook menawar WhatsApp dengan harga $19 Miliar namun berakhir dengan $22 Miliar.

Menariknya meskipun perusahaan WhatsApp didirikan di Amerika Serikat, tapi justru pengguna diluar AS yang lebih dulu mempopulerkan nya. Hingga saat ini pengguna aktif WhatsApp hampir mencapai 2 Miliar pengguna aktif setiap bulan nya.

Berkat aplikasi buatan nya, Brian menjadi salah satu orang terkaya di Amerika Serikat, ia juga memiliki 20% saham yang sampai kini terus bertambah nilai jual nya. Namun pada september 2017 lalu melalui halaman facebook nya, Brian Acton mengabarkan kalau ia sudah memutuskan untuk keluar dari WhatsApp dan memutuskan untuk mendirikan bisnis non-profit yakni Yayasan Teknologi.