Konsep Windows 10 dengan Fluid Shell
Konsep Windows 10 dengan Fluid Shell

Microsoft tentu saja sedang sibuk mengerjakan fitur-fitur unggulan dari Windows 10 19H1, namun, bukan berarti Microsoft sudah tidak peduli lagi dengan hal kecil yang dapat sangat membantu bagi pengguna setia Windows 10.

Itulah mengapa Microsoft menghadirkan dukungan file gambar AVIF yang berbasis format video baru yang bernama AV1 buatan Alliance for Open Media di update besar Windows 10 berikutnya ini.

File Explorer in 19H1

Dalam Windows 10 October 2018 Update atau yang sebelumnya, terlihat File Explorer dan MS Paint gagal untuk menampilan AV1 Image File Format atau AVIF. Seperti yang terlihat dalam screenshot diatas, File Explorer tidak dapat menampilkan preview dari gambar dengan format file AVIF.

MS Paint

Hal serupa juga terjadi ketika pengguna ingin membuka gambar dengan format file AVIF melalui MS Paint dan juga tidak dapat dibuka.

Dalam sebuah postingan yang berasal dari akun GitHub AO Media Codec, baik File Explorer dan MS Paint telah diupdate dengan dukungan file gambar format AVIF di build baru Windows 10 19H1.

“Windows File Explorer dapat menampilkan thumbnail dari AVIF, menunjukan metadata Exif dan preview dari gambar AVIF,” ujar developernya dalam dokumen pernyataan yang dipublikasikan. Lebih lanjut, dokumen tersebut juga menyatakan bahwa MSPaint.exe juga telah mendukung format gambar ini.

Dukungan file gambar AVIF memang sudah tersedia di Windows 10 19H1, tapi untuk dukungan format video AV1, pengguna perlu mendownload AV1 Video Extension di Microsoft Store dan berada di Build 18305 keatas terlebih dahulu untuk menikmati kontennya.

Layanan VLC Media Player juga mulai diupdate dengan dukungan format file baru ini. Ada juga postingan dari Mozilla Bugzilla yang memperlihatkan status dukungan format file baru ini pada browser Firefox.

Sekarang, apa tanggapan kalian soal dukungan format file ini? 😉

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of