Mengatasi masalah pada aplikasi modern “UWP” di Windows 10 mulai dari aplikasi yang tidak berjalan dengan baik, menutup secara tiba-tiba, hingga Live Tile yang tidak berjalan.

Diantara kalian pasti pernah mengalami masalah pada aplikasi modern UWP pada Windows 10, mulai dari aplikasi yang menutup secara tiba-tiba, tidak bisa terbuka, aplikasi tidak berjalan dengan baik, hingga Live Tile yang tidak berjalan. Namun untuk saat ini, Windows Camp Indonesia akan berbagi informasi serta tips untuk mengatasi aplikasi modern UWP yang bermasalah.

  • Menggunakan fitur Reset App

Fitur “Reset App” sendiri hadir dan tersedia mulai pada Windows 10 versi 1709. Fitur “Reset App” berguna untuk memulihkan/menyegarkan aplikasi modern UWP yang kalian pasang di Windows 10 agar menjadi segar seperti pertama kalian memasang aplikasi tersebut melalui Microsoft Store tanpa harus mencopot, mengunduh dan memasang aplikasi tersebut melalui Microsoft Store kembali. Kalian dapat mengakses fitur Reset App ini melalui Pengaturan (Settings) > Aplikasi (Apps) > Aplikasi & fitur (Apps & features) > pilih aplikasi yang mendapatkan masalah > pilih pada Opsi Lanjutan (Advanced options) > pada opsi Reset, pilih pada dialog Reset.

  • Menggunakan Windows PowerShell

Metode kedua ini adalah opsi untuk melakukan pemulihan aplikasi modern UWP yang sudah terpasang pada Windows 10 secara pabrikan seperti aplikasi Kalkulator, Foto, Film & TV, Groove Music, Microsoft Store, Perekam Suara, dan lain sebagainya. Untuk kali ini, metode yang digunakan adalah memulihkan aplikasi modern UWP menggunakan perintah melalui Windows PowerShell. Langkah pertama kalian dapat langsung membuka aplikasi Windows PowerShell dengan cara menekan tombol Start pada papan tombol atau klik/tap pada logo Start > ketik dan cari Windows PowerShell > klik kanan/tahan tap > pilih opsi jalankan sebagai Administrator (Run as administrator) > pilih opsi Ya (Yes) ketika kalian diminta untuk melanjutkan akses administrator.

Kalian dapat langsung memasukan perintah seperti berikut pada Windows PowerShell untuk memulihkan (reset) semua aplikasi modern UWP built-in Windows 10.

Get-AppXPackage | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"

lalu tekan Enter pada papan tombol.

Atau kalian bisa memproses pemulihan pada aplikasi individual saja atau aplikasi yang lebih spesifik tanpa harus memulihkan semua aplikasi modern UWP. Kalian dapat mencari nama pada aplikasi yang ingin kalian pulihkan dengan memasukan perintah berikut pada Windows PowerShell.

Get-AppxPackage -allusers | Select Name, PackageFullName

lalu tekan Enter pada papan tombol.

Akan muncul beberapa daftar aplikasi modern UWP serta nama lengkap paket (Package Full Name) pada Windows PowerShell. Kalian dapat memilih aplikasi yang kalian cari dengan melakukan blok pada nama lengkap paket aplikasi terkait > salin dengan menekan tombol Ctrl + C pada papan tombol.

lalu tempelkan nama lengkap paket aplikasi yang telah kalian salin pada perintah berikut.

Add-AppxPackage -register "C:\Program Files\WindowsApps\PackageCodeName\appxmanifest.xml" -DisableDevelopmentMode

pada tulisan bercetak tebal PackageCodeName kalian bisa ganti dan tempelkan nama lengkap paket aplikasi (App Package Full Name) yang telah kalian salin sebelumnya.
Contohnya: Microsoft.WindowsStore.11608.1001.13.0_x64_8wekyb3d8bbwe

Demikian cara untuk memulihkan aplikasi modern UWP pada Windows 10 yang mengalami masalah. Kalian dapat langsung mencoba tips tersebut jika kalian mengalami kasus serupa dengan masalah pada aplikasi modern UWP Windows 10.