windows hello

Tau kah kamu kalau Windows 10 adalah sistem operasi teraman yang pernah ada, kenapa kami bisa bilang begitu ? kare di Windows 10 memiliki 2 fitur yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya. Lalu apa sajakah dua itu, Windows Hello dan Microsoft Passport adalah dua fitur yang membuat Windows 10 sebagai sistem operasi teraman yang pernah ada.

Lalu sudah taukah kamu tentang apa itu Windows Hello ? Windows Hallo sendiri adalah keamanan yang memanfaatkan teknologi facial recognition atau juga dengan pemindai retina mata. Dengan adanya fitur Windows Hello pengguna hanya membutuhkan wajahnya untuk dapat login ke perangkat Windows 10. Banyak orang yang mengatakan bahwa Windows 10 merupakan satuan sistem operasi yang di rancang khusus untuk meningkatkan keamanan pengguna nya.

Untuk saat ini tidak semua perangkat Windows 10 dapat menggunakan fitur Windows Hello, karena untuk menggunakan fitur Windows Hello ini dibutuhkan perangkat yang mendukung nah untuk saat ini ada 2 perangkat smartphone yang sudah mendukung fitur Windows Hello antara lain Lumia 950 & Lumia 950XL dan beberapa seri Surface.

Setelah membahas sedikit tentang fitur Windows Hello, kini kita beralih ke Microsoft Passport, apa itu Microsoft Passport ?. Pada windows10, Microsoft passport menggantikan password dengan kekuatan dua factor/langkah autitentikasi yg hal itu terdiri dari sebuah perangkat yg terdaftar dan sebuah windows hello atau PIN. Microsoft passport memberikan keluasan kepada pengguna untuk mengautitentikasi sebuah akun Microsoft, akun direktori yg aktif, akun direktori Microsoft azure yg aktif, atau layanan non-microsoft yg support autitentikasi jenis FAST ID ONLINE(FIDO).

microsoft-passport

Setelah melewati dua langkah awal verifikasi selama pendaftaran Microsoft passport, sebuah Microsoft passport ditetapkan pada perangkat pengguna dan pengguna menetapkan sebuah gerakan/kebiasaan bisa berupa windows hello atau pin. Pengguna menyediakan gerakan untuk memverifikasi identitas, kemudian windows menggunakan Microsoft passport untuk mengautitentikasi pengguna dan membantu mereka mengakses sumber daya dan layanan yang terproteksi.

Microsoft passport juga dapat mengaktifkan perangkat berbasis windows 10 mobile untuk digunakan sebagai sebuah remot kredensial ketika masuk/sign in/mendaftar ke dalam PC windows10. Selama proses sign in, PC windows10 dapat tersambung menggunakan Bluetooth/koneksi gigi biru untuk mengakses Microsoft passport yang berada pada perangkat windows10mobile pengguna. Karena pengguna selalu membawa handphone bersamanya, Microsoft passport menjadikan penerapan dua langkah autitentikasi diseluruh enterprise dengan biaya murah dan lebih complex dari solusi yang lain.

So bisa kalian bayangkan bukan betapa kuatnya sistem operasi Windows 10, dengan 2 fitur keamanan itu Windows 10 menjadi sistem operasi teraman pertama yang pernah ada. Jadi begitu lah sedikit preview tentang fitur Windows Hello dan Microsoft Passport, bagaimana menurutmu ?

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of