Windows Sandbox di Windows 10Windows Sandbox, fitur baru yang Microsoft perkenalkan baru-baru ini cukup membuat saya penasaran untuk membahasnya. Walau sedikit telat, tapi saya coba jelaskan apa itu Windows Sandbox untuk kalian. Sekedar informasi, Windows Sandbox ialah salah satu fitur yang akan hadir pada pembaruan Windows 10 berikutnya.

Windows Sandbox sendiri dikembangkan dengan teknologi Windows Container dimana dapat menciptakan sebuah lingkungan desktop sementara yang terisolasi. Aplikasi yang di install pada Windows Sandbox tidak akan mempengaruhi host. Bisa dikatakan Windows Sandbox ialah mesin virtualisasi.

Hadirnya Windows Sandbox cukup membantu para developer untuk mencoba aplikasi tidak resmi yang kemungkinan membawa dampak buruk pada sistem operasi. Meskipun di instal dalam lingkungan yang sama sebenarnya Windows Sandbox menjalankan aplikasi yang di dinstal pada ruang yang berbeda.

Baca : 6 Prediksi Untuk Windows Di Tahun 2019

Itulah mengapa apabila Windows Sandbox dikeluarkan aplikasi-aplikasi yang terinstal akan secara otomatis terhapus. Apabila kalian ingin menggunakan Windows Sandbox usahakan sistem operasi sudah dalam version terbaru atau kalian bisa mengikuti Windows Insider.

Berikut ini persyaratan untuk dapat menggunakan Windows Sandbox :

  • Windows 10 Pro atau Enterprise build 18305 atau lebih baru
  • Arsitektur 64-bit
  • Kemampuan virtualisasi diaktifkan di BIOS
  • Setidaknya 4GB RAM (disarankan 8GB)
  • Ruang disk 1GB (disarankan SSD)
  • 2 core CPU (direkomendasikan 4 core dengan hyperthreading)

Tampaknya fitur Windows Sandbox kedepannya dapat menjadi jalan bagi Windows Lite agar bisa menggunakan aplikasi Win32 klasik, terutama yang berasal dari luar Microsoft Store. Mengenai benar atau tidaknya kemungkinan ini, sepertinya kita harus menunggu acara Build 2019 pada musim panas mendatang 😉

Please Login to comment
avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Fiter KurniawanAndri Desmana Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of