Screenshot-7

 

Siapa yang tidak kenal ama WordPad, Windows Fax and Scan, Character Map dan XPS Viewer? Buat yang udah lama berteman “intim” ama Komputer Windows, pastinya sudah sangat familiar dengan nama-nama tadi. Tahukah kamu bahwa aplikasi-aplikasi itu sudah tua umurnya dan tergolong aplikasi jadul buatan Microsoft. Dan tentu kamu akan merasa kembali bernostalgia jika Microsoft menghadirkan kembali aplikasi jadul tersebut di Windows 10.

 

WordPad

WordPad adalah program atau aplikasi pengolah kata dasar yang sudah disertakan di hampir semua versi Microsoft Windows, mulai dari Windows 95 dan seterusnya. Program ini setingkat lebih maju dari Microsoft Notepad, tapi lebih simpel daripada pengolah kata Microsoft Works dan Microsoft Word. WordPad merupakan aplikasi pengganti Microsoft Write.

WordPad dapat memformat dan mencetak teks, mencakup font, huruf tebal, huruf miring, huruf berwarna, dan centered text, dll., tapi tidak memiliki fitur menengah seperti spell checkerthesaurus dan membuat tabel. Namun WordPad dapat membaca, membuat, dan menyimpan banyak fitur Rich Text Format (RTF) yang mana itu tidak dapat membuat seperti tabel, strikeout, superscript, subscript, “ekstra” warna, warna latar belakang teks, daftar bernomor, indentasi kanan atau kiri, quasi hypertext dan tautan URL, dan berbagai jalur spacing. Di antara keuntungan adalah penggunaan sumber daya sistem rendah, kesederhanaan dan kecepatan. Paste ke atau dari dokumen HTML seperti dari internet atau email biasanya akan secara otomatis mengkonversi sebagian besar atau keseluruhannya ke RTF (meskipun ini bergantung pada sebagian browser). Dengan demikian, WordPad cocok untuk mencatat, menulis surat dan cerita-cerita, atau untuk penggunaan di berbagai tablet, PC dan ponsel pintar.

 

Character Map

Windows_Character_Map
Sumber: en.wikipedia.org

 

Character Map adalah sebuah utilitas yang disertakan dalam sistem operasi Microsoft Windows dan digunakan untuk melihat karakter dalam setiap font yang diinstal, untuk memeriksa input keyboard (Alt code) apa yang digunakan untuk memasukkan karakter-karakter ini, dan untuk menyalin karakter ke clipboard sebagai pengganti mengetik. Tool ini biasanya berguna untuk memasukkan karakter khusus. Dapat dibuka melalui baris perintah (Command line) atau dialog Run command menggunakan perintah ‘charmap’.

Pada Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7, kamu bisa menemukan utilitas ini di All programs → accessories → System Tools → Character map. Sedangkan di Windows 10, utilitas ini ada dalam aksesoris Windows folder di Start Menu.

 

XPS Viewer

XPS Viewer

XPS Viewer adalah aplikasi gratis yang dapat didownload yang mudah digunakan yang memungkinkan kamu untuk membuka dan melihat file XPS. Viewer ini menggunakan teknologi perangkat lunak Imaging’s XPS rendering, PrintMagicXPS untuk memberikan kualitas rasterization yang hebat dengan kecepatan yang tak tertandingi ketika melihat dokumen XPS.

 

Windows Fax and Scan

Windows_Fax_and_Scan_Vista_Scan

 

Windows Fax and Scan adalah aplikasi terintegrasi untuk kirim faks dan memindainya yang disertakan dalam beberapa versi dari sistem operasi Windows Vista dan semua versi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Di Windows XP juga mencakup konsol Faks. Software ini tidak kompatibel dengan teknologi T.38 dan tidak dapat digunakan untuk Faks internet.

Dengan Windows Fax and Scan pengguna dengan komputer yang memiliki modem Faks dapat mengirim dan menerima faks, dan pindai dokumen faks. Jika tidak memiliki modem Faks, pengguna dapat scan dokumen email dan meneruskan Faks sebagai lampiran email dari komputer mereka. WFS mendukung satu-klik pemindaian dokumen dari penyimpanan lokal yang terhubung dengan scanner, scanner terhubung ke jaringan dan perangkat multifungsi. Meskipun hal ini dapat digunakan untuk sebagian besar jenis dokumen, namun WFS dioptimalkan untuk memindai, melihat dan menyimpan dokumen teks. WFS tersedia di Windows Vista Ultimate dan sebagai komponen opsional di Windows Vista Enterprise. WFS ini tidak tersedia di Vista Home atau Vista Home Premium. WFS ini juga tersedia di semua versi Windows 7, Windows 8, Windows Server 2008 dan Windows Server 2012.

Beberapa bulan yang lalu Microsoft berencana akan membawa program/aplikasi asli mereka seperti WordPad, Fax and Scan, Character Map dan XPS Viewer ke Windows Store. Tentunya untuk diinstall di Windows 10.

Dan ternyata benar! Ada kabar baik buat kamu. Kabar baiknya adalah Microsoft benar-benar mewujudkan rencananya dan aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas sekarang telah tersedia di Bursa Windows 10.

Namun sayangnya belum disediakan secara publik, dalam artian bahwa PC kamu harus terlebih dulu menjalankan OS Windows 10 Insider build terbaru yakni 14372, untuk dapat men-download aplikasi-aplikasi di atas dari Store. Microsoft telah mengkonversi aplikasi ini melalui proyek Centennial mereka, yang mengubah program atau aplikasi desktop ke aplikasi Windows Modern App.

Semua aplikasi di atas (WordPad, Character Map, XPS Viewer dan Windows Fax and Scan) itu telah di-porting dan dapat diperbarui tanpa update ke inti sistem operasi Windows. Saat ini diberikan nomor build 0.0.2.0 dan tampaknya identik dengan versi asli, tidak ada yang dibuang sedikit pun, tetapi memiliki ubin yang sedikit berbeda di Start menu dan dapat menerima update lebih lanjut di masa mendatang. Jika versi ini dipisahkan dari registri, akan memberikan waktu startup Windows lebih cepat dan menolak sistem degradasi lebih baik .

Aplikasi ini kompatibel hanya untuk PC dan juga tidak mensyaratkan fitur khusus.

Catatan ? :

Kamu perlu menjalankan Windows 10 Insider Preview build 14372 dan juga kamu perlu meng-update Store untuk mendapatkan aplikasi ini. *****

 

Download WordPad

Download Windows Fax and Scan

Download Microsoft Character Map

Download XPS Viewer

Please Login to comment
avatar
  Subscribe  
Notify of