Kemarin Telegram melakukan pembaruan besar terhadap aplikasinya di Windows 10 PC. Di update versi terbaru kali ini Telegram telah menghadirkan salah satu fitur yang lama ditunggu-tunggu.

Yupp, melalui update yang membawa versi 1.1 ini akhirnya Telegram hadirkan fitur Call alias Panggilan. Kini kita bisa melakukan panggilan gratis (biaya data berlaku, tentu) ke sesama pengguna Telegram.

Agar bisa sukses membuat panggilan, tentunya dia yang kamu panggil juga harus sudah memiliki fitur ini. Artinya, aplikasi Desktop miliknya pun harus sudah up-to-date. Karena jika tidak, dijamin kamu tidak akan bisa memakai fitur ini. Jika temanmu belum meng-update aplikasinya, kamu akan mendapat notifikasi seperti berikut:

Seiring dihadirkannya fitur Panggilan ini, Telegram pun menyertakan Setting-an terkait.

Selain fitur Call, kini Telegram juga melakukan perubahan tampilan di halaman chat. Sekarang bagian Panel Emoji, Sticker, dan Saved GIF dibuat menjadi ruang tersendiri di sebelah kanan. Artinya kini panelnya terpisah. Ini akan bisa diterapkan saat aplikasi Telegram dibuka atau dijalankan di jendela yang cukup lebar. So kamu harus menyetel ukuran panjang jendela aplikasi agar cukup lebar, sekitar lebih dari separuh layar. Jika tidak, kamu tidak akan melihat perubahan apa-apa pada tampilannya.

 

Selain itu kini Admin Grup Chat dapat menghapus pesan dari anggota lainnya.

 

Berikut ini changelog selengkapnya:

V 1.1 — 17.05.17:

  • Telegram Calls sekarang tersedia di desktop: aman, sejernih kristal, terus ditingkatkan oleh kecerdasan buatan.
  • Panel Emoji, Sticker, dan Saved GIF yang baru menjadi ruang tersendiri di sebelah kanan saat Telegram berjalan di jendela yang cukup lebar.
  • Kelola daftar pengguna yang diblokir di supergroup Anda.
  • Admin Chat dapat menghapus pesan dari anggota lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, beberapa pekan lalu Telegram “memboyong” aplikasi versi desktop-nya ke Bursa Windows.

Telegram mengkonversi aplikasi desktop (alias aplikasi Win32)-nya dengan menggunakan tool Desktop App Converter milik Microsoft. Dengan demikian kini kamu bisa mengunduh aplikasi Telegram versi Desktop/klasik ini melalui Bursa Windows. Dulu hanya bisa diunduh melalui web resmi Telegram, sama halnya WhatsApp versi desktop. Sama halnya seperti beberapa aplikasi lain yang datang ke Windows Store yang menggunakan Desktop App Converter juga.

Enaknya lagi: Dengan hadirnya aplikasi Telegram Desktop ini di Windows Store, kamu bisa mendapatkan update otomatis dan tidak perlu secara manual memperbarui aplikasi dari drive C, atau dari Pengaturan aplikasi. Juga tidak bikin boros memori, tentunya. Selain itu, kini Telegram juga akan memiliki beberapa API Windows 10 seperti live tile, Cortana, dll.

 

Telegram Desktop

Please Login to comment
avatar
2 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
NasrudinAffi KhsaRabbil AR Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Affi Khsa
Guest
Affi Khsa

Di Windows 10 Mobile belum bisa digunakan.

Rabbil AR
Guest
Rabbil AR

di tunggu fitur video call nya